Bagaimana Peluang Arkhan Kaka Tembus Skuad Utama Timnas U-20? Ini Analisisnya

"Ini adalah satu dari dua lulusan timnas U-16 asuhan Bima Sakti.."

Analisis | 11 February 2023, 03:17
Bagaimana Peluang Arkhan Kaka Tembus Skuad Utama Timnas U-20? Ini Analisisnya

Libero.id - Ketika mengumumkan memanggil 30 nama pemain untuk pemusatan latihan nasional tim nasional Indonesia U-20, Shin Tae-yong membuat kejutan dengan memanggil dua lulusan timnas U-16, Arkhan Kaka dan Sulthan Zaky. Kini, setelah seminggu lebih bergabung, bagaimana peluang mereka terpilih ke skuad utama?

Arkhan Kaka dan Sulthan Zaky merupakan andalan Bima Sakti ketika timnas U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2022 dan saat gagal di Kualifikasi Piala AFC U-17 2023.

Melihat performa keduanya, Shin Tae-yong mengaku penasaran. Jadi, pelatih asal Korea Selatan memutuskan memberi Arkhan Kaka dan Sulthan Zaky kesempatan membuktikan. Mereka menerima panggilan itu dengan senang hati, meski bersaing dengan senior-seniornya.

"Saya mendengar ada pemain yang bagus di timnas U-16. Saya ingin lihat langsung penampilan serta kemampuan mereka seperti apa. Saya akan memanfaatkan mereka," kata Shin Tae-yong di awal masa TC.

Untuk menilai kemampuan Arkhan Kaka dan Sulthan Zaky serta pemain-pemain lainnya, Shin Tae-yong memulai dengan latihan peningkatan kualitas fisik. Langkah itu dilakukan untuk mengetahui kemampuan fisik para pemain. Shin Tae-yong berharap, para pemain bisa menunjukkan latihan yang maksimal.

"Saya akan berusaha lebih bekerja keras lagi, lebih menambah motivasi lagi. Tapi, semua rezeki dari Tuhan. Saya hanya bisa berusaha dan berikhtiar," ujar Arkhan Kaka setelah mengikuti sesi latihan timnas U-20 selama sekitar satu pekan.

Meski baru berusia 15 tahun, peluang Arkhan Kaka menembus tim utama tetap ada. Pasalnya, Shin Tae-yong dikenal sebagai pelatih yang fair. Dirinya selalu memberikan kesempatan sama kepada semua pemain untuk menunjukkan kemampuan. Apalagi, beberapa pemain depan belum bergabung ke TC.

"Saat ini saya ingin mendapatkan ilmu-ilmu berharga dari Shin Tae-yong. Dia adalah salah satu pelatih terbaik saat ini. Semoga saya bisa lebih berkembang lagi, lebih baik lagi untuk bermain sepakbola karena saya mendapatkan ilmu yang banyak dari pelatih," ungkap Arkhan Kaka.

Apakah akan terpilih atau tidak, Arkhan Kaka menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada Shin Tae-yong. Hanya saja dirinya mengaku akan senang jika bisa membela timnas U-20 di Piala AFC U-20 2023 pada 1-18 Maret 2023. Kemudian, Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei-11 Juni 2023.

"Saya akan lebih berkerja keras lagi. Dan, semoga saya bisa menjadi bagian dari timnas U-20," pungkas anak muda Persis Solo itu.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network