Ubah Format, Begini Tampilan Baru Liga Super Eropa yang Sempat Dilarang UEFA dan FIFA

"Apa saja yang berubah? dan mungkinkah bakal benar-benar ada Liga Super Eropa?"

Viral | 09 February 2023, 18:30
Ubah Format, Begini Tampilan Baru Liga Super Eropa yang Sempat Dilarang UEFA dan FIFA

Libero.id - Liga Super Eropa dengan tampilan baru akan menjadi kompetisi tanpa anggota tetap.

A22 Sports Management adalah perusahaan yang mempromosikan liga Eropa yang diperbarui.

Perusahaan mendukung proposal 12 klub yang menginginkan adanya kompetisi baru selain Liga Champions pada tahun 2021.

“Sudah waktunya untuk perubahan. Klublah yang menanggung risiko kewirausahaan dalam sepak bola" ujar kepala eksekutif A22 Sprots, Bernd Reichart.

"Tetapi ketika keputusan penting dipertaruhkan, mereka terlalu sering dipaksa untuk duduk diam di pinggir lapangan karena fondasi olahraga dan keuangan runtuh di sekitar mereka."

Rencana awal untuk ESL pada tahun 2021 berisi 20 tim - 12 anggota pendiri dan tiga klub tanpa nama yang akan mereka ikuti nanti, ditambah lima klub yang akan lolos setiap tahun berdasarkan pencapaian domestik mereka.

Arsenal, Chelsea, Liverpool, Manchester City, Manchester United dan Tottenham mundur dari proyek tersebut dalam waktu 48 jam menyusul kecaman dari pecinta sepakbola.

Real Madrid, Barcelona dan Juventus tetap ingin kompetisi Liga Super Eropa terealisasi.

Reichart mengatakan ESL baru akan berisi hingga 80 tim, masing-masing menjamin minimal 14 pertandingan per musim dan terus bermain di liga domestik mereka.

Pada bulan Desember, UEFA dan FIFA menerima dukungan yang signifikan dalam upaya mereka untuk memblokir pembentukan Liga Super Eropa.

Dalam sebuah laporan yang dikeluarkan oleh Pengadilan Eropa, advokat jenderalnya mengatakan aturan badan pengatur sepak bola Eropa dan dunia "sesuai dengan undang-undang persaingan UE".

UEFA dan FIFA sendiri akan mengancam memberikan sanksi kepada klub dan pemain yang bergabung dengan Liga Super Eropa.

Keputusan akhir akan dibuat oleh Grand Chamber yang beranggotakan 15 orang pada musim semi.

Terlepas dari putusan tersebut, A22 telah terlibat dalam "dialog komprehensif dengan para pemangku kepentingan di seluruh Eropa tentang masa depan sepak bola klub".

Itu juga telah mengembangkan 10 prinsip, termasuk kompetisi berbasis luas dan meritokratis serta pengembangan serta keuangan untuk sepak bola wanita, yang akan menjadi dasar bagi ESL yang baru.

"Pembicaraan kami juga memperjelas bahwa klub sering merasa tidak mungkin untuk berbicara secara terbuka menentang sistem yang menggunakan ancaman sanksi untuk menggagalkan oposisi," tambah Reichart.

"Dialog kami terbuka, jujur, konstruktif, dan menghasilkan gagasan yang jelas tentang perubahan apa yang diperlukan dan bagaimana perubahan itu dapat diterapkan. Ada banyak yang harus dilakukan dan kami akan melanjutkan dialog kami."

Tahun lalu, UEFA menyetujui perubahan Liga Champions yang berarti jumlah tim di babak penyisihan grup akan meningkat dari 32 menjadi 36 di kompetisi 2024-25.

Format baru akan melihat fase awal berisi satu tabel liga termasuk semua tim.

Masing-masing akan memainkan delapan pertandingan penyisihan grup melawan lawan yang berbeda, dengan empat pertandingan kandang dan empat pertandingan tandang.

Delapan besar akan lolos ke babak sistem gugur, sementara peringkat kesembilan hingga 24 akan bersaing dalam play-off dua leg untuk maju.

UEFA mengatakan "perubahan format serupa juga akan diterapkan pada Liga Europa (delapan pertandingan di tahap liga) dan Liga Konferensi Eropa (enam pertandingan di tahap liga) dan keduanya juga akan menyertakan 36 tim di tahap liga".

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network