Sial! Kisah Javier Roca Dua Kali Dipecat Klub Liga 1 dalam Semusim

"Inilah Liga Wakanda, tekanannya lebih berat dari Liga Premier atau La Liga."

Biografi | 07 February 2023, 03:05
Sial! Kisah Javier Roca Dua Kali Dipecat Klub Liga 1 dalam Semusim

Libero.id - Saat jadi pemain Javier Roca dibutuhkan banyak klub sepakbola Indonesia. Mulai dari PSMS Medan, Persegi Gianyar, Persitara Jakarta Utara, Persija Jakarta, Persebaya Surabaya, hingga Persidafon Dafonsoro. Tapi, saat jadi pelatih, pria asal Chile yang beristrikan orang Indonesia itu terlunta-lunta.

Lahir di Santiago, 9 Agustus 1977, Javier Leopoldo Roca Sepulveda datang ke Indonesia pada 2003 setelah membela beberapa klub Chile seperti Colo-Colo dan Deportivo Italchacao.

Di Indonesia, Javier Roca bermain di banyak klub dengan performa yang cukup bagus, baik di era Divisi Utama, Indonesia Super League (ISL), hingga Liga Primer Indonesia (LPI).

Setelah pensiun dari Liga Indonesia, Javier Roca sempat menghilang dan tak ada kabar. Ternyata, dirinya mempersiapkan diri menjadi pelatih sepakbola. Kemudian, ketika Liga 1 2021/2022 bergulir, Persik Kediri mengumumkan Javier Roca sebagai pengganti Heri Susilo yang dipecat di awal musim.

Javier Roca berhasil menyelesaikan musim 2021/2022 sesuai target, yaitu mempertahankan posisi Macan Putih di kasta tertinggi kompetisi sepakbola Indonesia.

Sayang, ketika Liga 1 2022/2023 bergulir, kebersamaan Javier Roca dengan Persik Kediri berlangsung singkat. Hanya beberapa pekan setelah kompetisi dimulai, dia pecat. Rentetan hasil negatif Macan Putih menjadi alasan utama pemecatan tersebut.

Anehnya, pelatih yang dipecat Persik Kediri ternyata justru ditunjuk melatih Arema FC menggantikan Eduardo Almeida, yang mempersembahkan Piala Presiden 2022.

Seperti yang sudah diprediksi, hasil Arema FC di tangan Javier Roca mengecewakan. Terlepas tragedi di Stadion Kanjuruhan pada 1 Oktober 2022, dia tidak mampu mengangkat prestasi Singo Edan. Dari 12 pertandingan, Arema FC hanya menang 5 kali dan kalah 7 kali. Yang terbaru melawan PSM Makassar.

Kondisi itu membuat Arema FC  terlempar ke papan tengah klasemen sementara BRI Liga 1 2022/2023. Mereka ada di posisi 10 dengan 26 poin.

"Per hari ini 6 Februari 2023, Arema FC dan pelatih, Javier Roca secara resmi mengakhiri kerjasama. Tentunya kami mengucapkan terimakasih kepada Javier Roca atas dedikasi yang sudah diberikan kepada Arema FC," ujar Komisaris PT Arema Aremania Bersatu Berprestasi (AABB), Tatang Dwi Arifianto, dalam pernyataan resminya.

Petinggi Arema FC belum bisa mengungkapkan nama-nama yang sedang dipertimbangkan untuk menjadi pengganti Javier Roca. Tapi, nama-nama seperti Robert Rene Alberts, Jacksen F. Tiago, Sergio Alexandre, Dejan Antonic, Eduardo Almeida, Milomir Seslija, Nil Maizar, Djadjang Nurdjaman, hingga Widodo Cahyono Putro masuk radar.

"Terkait siapa nama pelatih yang akan memimpin Arema FC nanti, kita tunggu saja perkembangan berikutnya. Doakan yang terbaik untuk Arema FC," pungkas Tatang Dwi Arifianto.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network