Kapan Debut Marselino Ferdinan? Ini Jawaban Direktur Olahraga KMSK Deinze

"Harap sabar, pemirsa! Ini Uni Eropa, bukan Wakanda."

Analisis | 04 February 2023, 12:23
Kapan Debut Marselino Ferdinan? Ini Jawaban Direktur Olahraga KMSK Deinze

Libero.id - Setelah diperkenalkan secara resmi sebagai pemain KMSK Deinze, penggemar Marselino Ferdinan di Indonesia kini bertanya-tanya kapan menjalani debut? Atas pertanyaan itu, Direktur Olahraga Koninklijke Maatschappij Sportkring Deinze, Adrian Esparangga, memberikan jawaban.

Berdasarkan jadwal Belgian First Division B alias Challenger Pro League 2022/2023, KMSK Deinze akan menghadapi Dender di Van Roystadion, Senin (6/2/2023) dini hari WIB. Itu adalah pertandingan pekan 21 fase reguler.

Beda dengan Belgian First Division A, kompetisi kasta kedua Belgia ini menampilkan dua fase kompetisi. Fase reguler mementaskan 22 pertandingan dengan 12 peserta. Enam tim teratas tampil di fase play-off promosi. Sementara enam tim terbawah tampil di fase play-off degradasi.

Saat ini, KMSK Deinze berada di peringkat 8 klasemen sementara. Dengan 27 poin, mereka tertinggal 3 poin dari Lierse dan RSCA Futures di posisi 6-7.

Dalam kondisi seperti itu, KMSK Deinze butuh kemenangan atas Dender demi menjaga asal tampil di fase play-off promosi. Kemudian, menjalani laga hidup-mati melawan RCSA Futures pada Minggu (12/2/2023) dini hari WIB. Jika gagal menang pada dua pertandingan itu, KMSK Deinze akan tampil di play-off degradasi.

Baik play-off promosi maupun play-off degradasi akan menampilkan pertandingan dengan sistem kompetisi penuh. Enam tim akan bertanding 10 kali. Juara di fase play-off promosi akan naik kasta. Sedangkan juru kunci fase play-off degradasi akan turun level.

Namun, klub satelit seperti Club NXT milik Club Brugge, RSCA Futures (Anderlecht), SL16 FC (Standard Liege), atau Jong Genk (KRC Genk) tidak bisa promosi karena tim induknya ada di Belgian First Division A. 

Pertanyaannya, kapan Marselino Ferdinan bermain? Ini akan sangat tergantung pada masalah administrasi. Pasalnya, sebagai pemain non Uni Eropa, pilar timnas Indonesia itu butuh izin kerja yang sedikit rumit. Apalagi, Marselino Ferdinan baru pertama kali bekerja di wilayah Uni Eropa

"Sekarang kami sedang mengurus izin kerjanya. Kami berharap 10-15 hari selesai," ujar Adrian Esparangga di akun Instagram resmi KMSK Deinze.

Ini akan lebih cepat jika Marselino Ferdinan sebelumnya bermain di Uni Eropa atau Britania Raya. Contohnya, Enzo Fernandez yang langsung bisa main membela Chelsea setelah gabung dari Benfica. Begitu pula Joao Cancelo langsung tampil dengan Bayern Muenchen setelah datang dari Manchester City.

"Setelah itu (izin beres), dia siap untuk pertandingan. Kami masih punya dua laga lagi sebelum (fase) play-off (promosi atau degradasi). Lalu, masih ada (jeda) seminggu sebelum regular season berganti play-off season (fase kedua). Kami punya cukup waktu untuk mempersiapkan segalanya sebelum debut Marselino di tim utama," ungkap Adrian Esparangga. 

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network