Jelaskan Cara Menyundul Bola dalam Permainan Sepakbola

"Simak penjelasan berikut ini.."

Analisis | 04 February 2023, 07:22
Jelaskan Cara Menyundul Bola dalam Permainan Sepakbola

Libero.id - Sepakbola merupakan olahraga yang dimainkan secara sederhana. Kaki merupakan anggota tubuh yang berperan paling penting dalam permainan ini. Tapi, ada juga bagian tubuh lagi seperti dada atau kepala yang bisa jadi senjata rahasia.

Menyundul bola merupakan salah satu teknik dasar sepakbola yang penting dikuasai pada pemain. Menyundul bola pada permainan sepakbola akan sangat membantu dalam mengasah skill seorang pemain sepakbola.

Kemampuan menyundul bola dibutuhkan tidak saja untuk mengamankan area pertahanan, melainkan juga bisa menjadi senjata mematikan menjebol gawang lawan. Kemampuan ini biasanya dimiliki oleh para pemain yang berposisi sebagai striker atau bek.

Untuk pemain belakang, kemampuan dalam duel udara menjadi nilai plus karena banyak tim yang melakukan serangan dengan melakukan umpan silang. Ketika bertahan, sundulan bola memiliki tujuan membuang bola jauh dari jangkauan lawan.

Menyundul bola dengan tinggi memberi waktu pemain belakang dapat kembali mengatur ulang pertahanan. Sedangkan menyundul bola dengan tujuan menyerang memiliki fokus pada bagian bawah. Hal itu bertujuan untuk mengincar gawang demi mencetak gol.

Bagian kepala yang tepat bersentuhan dengan bola dalam menyundul bola adalah bagian dahi. Ada juga yang menggunakan sisi samping kepala di atas telinga.

Cara menyundul bola dalam permainan sepakbola:

1. Bagian kepala yang bersentuhan dengan bola harus merupakan dahi antara alis dan garis rambut.

2. Bola harus disundul dan bukannya dipantulkan melalui kepala

3. Pemain harus menggunakan otot punggung dan perut untuk bergerak mendekati bola

4. Lakukan gerakan sedikit melengkung saat bola mendekat, condongkan badan ke depan sedikit seusai menyundul

5. Leher harus dalam posisi kaku

6. Kepala bergerak ke arah bola

7. Mata harus tetap berfokus pada bola yang mendekat

8. Keseimbangan saat melakukan sundulan dapat diatur dengan sedikit menekuk lutut

9. Memilih momentum yang tepat

Karena tidak mudah, para pemain memerlukan beberapa latihan untuk mempermudah praktek menyundul bola dalam suatu pertandingan. Latihan tersebut dapat dilakukan dengan melakukan beberapa hal berikut:

1. Jugling bola dengan kepala

2. Pemain melakukan sit-up saat patner melempar bola ke arah mereka dan mereka menyundul bola kembali ke patner.

3. Melempar bola pada rekan dengan tujuan rekan dapat menyundul bola kembali ke pemberi bola. Fokus pada sundulan defensif atau ofensif.

4. Latihan bersama dimana dua orang menyundul bola maju mundur satu sama lain. Pelatih dapat membuat pemain bergerak ke arah tertentu.

5. Melemparkan servis tinggi ke rekan dan membuat mereka melompat dan mengembalikan bola pada server beserta tambahkan tekanan defensif pasif. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network