Jelaskan Peraturan Permainan Bola Basket yang Benar

"Simak penjelasan berikut ini.."

Analisis | 04 February 2023, 04:25
Jelaskan Peraturan Permainan Bola Basket yang Benar

Libero.id - Sama dengan olahraga bola besar yang lain seperti sepakbola dan bola voli, olahraga bola basket juga memiliki peraturan tersendiri yang harus diketahui oleh para pemain basket profesional agar tidak melanggarnya saat bertanding.

Bola basket merupakan salah satu cabang olahraga yang  populer di dunia. Seorang tokoh bernama Dr. James A. Naismith menjadi yang pertama kali mempopulerkan olahraga satu ini. Bola basket termasuk ke dalam jenis olahraga bola besar seperti bola voli dan sepakbola.

Sama seperti olahraga yang lain, bola basket juga memiliki peraturan-peraturan dalam permainannya. Setiap penggemar dan pecinta olahraga satu ini penting untuk mengetahui apa saja peraturan tersebut. Terlebih bagi yang bercita-cita menjadi pembasket profesional.

Federasi Bola Basket Dunia (FIBA), sudah menetapkan peraturan permainan bola basket

1. Saat bermain, setiap pemain basket tidak diperbolehkan membawa bola sambil berlari. Jadi par alemain haruslah berlari dengan memantul-mantulkan bola basket ke tanah.

2. Tim akan mendapatkan poin tambahan jika salah satu tim sudah melakukan 3 kali pelanggaran.

3. Telapak tangan merupakan bagian tangan yang diperbolehkan untuk menyentuh bola basket.

4. Dilarang mendorong, memukul dan menendang, hal tersebut merupakan suatu pelanggaran keras di pertandingan bola basket.

5. Pebasket diperbolehkan untuk melemparkan bola ke segala arah menggunakan satu atau dua tangan.

6. Pebasket tidak diperbolehkan memantul-mantulkan bola basket menggunakan kepalan tangan. Jadi hanya bagian telapak tangan yang diperbolehkan.

7. Waktu 4x10 menit dijadikan sebagai waktu permainan dalam pertandingan bola basket. Di sisi lain, 4x12 menit merupakan waktu pertandingan versi Asosiasi Basket Nasional (NBA).

8. Sang pemenang adalah tim yang berhasil menyarangkan poin terbanyak.

9. Setiap tim diberikan hak untuk melakukan time out. Adapun setiap babak diberikan kesempatan 2 kali time out. Di babak tambahan hanya boleh melakukan 1 kali time out.

10. Poin 1 didapatkan jika tim berhasil mencetak poin lewat titik lemparan bebas. Poin 2 didapatkan jika bola dimasukkan pada area lingkaran dalam. Untuk poin 3, didapatkan dengan cara melakukan tembakan dari luar garis tiga poin dan bola basket masuk ke ring.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network