Kasihan, Kiper Keturunan Filipina Jadi Sasaran Rasialisme di Inggris

"Bukan hanya kulit hitam, pemain Asia juga jadi sasaran."

Viral | 31 January 2023, 01:05
Kasihan, Kiper Keturunan Filipina Jadi Sasaran Rasialisme di Inggris

Libero.id - Rasialisme di sepakbola Inggris ternyata belum hilang. Bukan hanya menimpa pemain-pemain keturunan Afrika, tindakan kurang sportif itu juga dialami pesepakbola dari Asia. Contohnya, penjaga gawang Birmingham City asal Filipina, Neil Etheridge.

Akhir pekan lalu, Neil Etheridge membela The Blues menghadapi pertandingan Piala FA melawan Blackburn Rovers. Skornya 2-2.

Namun, Neil Etheridge ternyata sempat mengeluh kepada wasit, Keith Stroud, di pertengahan pertandingan. Kiper berusia 32 tahun itu meminta sang pengadil lapangan menghentikan pertandingan karena muncul aksi rasialisme dari tribun yang ditempat pendukung The Rovers.

"Sangat mengecewakan bahwa ini terjadi. Kami sama sekali tidak memaafkannya. Wasit akan melaporkannya dan pihak berwenang akan mengambil tindakan. Ini masalah yang sangat serius," kata Pelatih Birmingham City, John Eustace, kepada Dailymail.

Atas perlakuan rasialis tersebut mantan kiper Cardiff City mengalami perasaan yang buruk secara mental. "Neil terguncang setelah pertandingan. Para pemain berada tepat di belakangnya dan memastikan dia baik-baik saja," tambah John Eustace dengan nada kecewa.

Beda dengan pemain-pemain keturunan Afrika yang biasanya mendapat perlakuan rasialis dengan menirukan suara atau gerakan binatang tertentu, kalau aksi rasialisme kepada pemain dari Asia biasa menggunakan gerakan mata sipit.

Dan, atas tindakan oknum suporter tersebut, Blackburn Rovers meminta maaf dan memastikan telah melakukan penyelidikan. Hukuman larangan datang ke stadion seumur hidup bisa dijatuhkan kepada sang oknum pendukung.

"Kami menyadari tuduhan pelecehan rasial. Klub memiliki kebijakan tanpa toleransi untuk semua bentuk pelecehan dan diskriminasi, dan akan mengambil tindakan sekuat mungkin terhadap siapa pun yang diidentifikasi melakukan pelanggaran semacam itu," bunyi pernyataan resmi Blackburn Rovers di situsnya.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Birmingham City


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network