Begini Pesan Edgar Davids untuk Para Pemain Abroad Indonesia

"Omongan legenda nih bos..."

Berita | 28 January 2023, 08:13
Begini Pesan Edgar Davids untuk Para Pemain Abroad Indonesia

Libero.id - Beberapa tahun terkahir mulai banyak pemain Indonesia yang berani mengambil keputusan untuk berkarier di luar negeri. Kesempatan itu datang untuk banyak pemain, namun hanya beberapa saja yang berani keluar dari zona nyaman.

Sebut saja Asnawi Mangkualam di Liga kasta kedua Korea Selatan, yang baru saja hijrah dari Ansan Greeners ke Jeonnam Dragons. Lalu ada Pratama Arhan di Tokyo Verdy. Witan Sulaeman di AS Trencin.

Dalam pada itu, LegendaJuventus, Edgar Davids, yang menyambangi Indonesia untuk kegiatan Juventus Village, turut berpesan untuk para pemain Indonesia yang sedang meniti karier di luar negeri.

Pria kelahiran Paramaribo, Suriname itu berharap  supaya talenta berbakat asal Indonesia bisa berkembang dan bersaing di level dunia.

Menurut pemain yang juga pernah memperkuat Timnas Belanda itu hal terpenting bila ingin sukses berkarier di luar negeri adalah adaptasi terhadap budaya setempat. Itu juga termasuk mempelajari bahasa di negara tersebut.

"Hal yang paling penting adalah mempelajari kultur di sana [luar negeri]. Selain itu mempelajari bahasa setempat agar bisa berkomunikasi. Sisanya, hanya perlu mengikuti kebiasaan baik yang ada dan giat belajar di sana," kata Edgar Davids saat menghadiri acara pembukaan Juventus Village di Lippo Mall kemang, Jakarta Selatan, Jumat (27/1) sore WIB.

Edgar Davids juga menekankan bahwa  kerja keras dan pantang menyerah wajib merupakan karakter yang wajib dimiliki setiap pemain yang berkarier di luar negeri. Sebab pastinya mereka bakal menghadapi berbagai tantangan yang sebelumnya belum pernah ditemui saat bermain di negara sendiri.

Adapun Edgar Davids bukan pertama kali ini saja menyambangi Indonesia. Pada 2016 silam, Edgar Davids juga pernah bermain di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, dalam rangka fun match bersama para legenda Serie A antara lain Marco Materazzi hingga Alessandro Del Piero.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network