Jelaskan 3 Macam Lemparan dalam Permainan Bola Basket

"Simak penjelasan berikut ini.."

Analisis | 27 January 2023, 02:38
Jelaskan 3 Macam Lemparan dalam Permainan Bola Basket

Libero.id - Permainan bola basket menjadi salah satu olahraga yang populer di era sekarang. Dalam permainan bola basket terdapat beberapa teknik dasar yang harus dikuasai para pemain. Salah satunya melempar bola.

Bola basket adalah bola yang memiliki massa paling berat diantara jenis permainan bola besar yang lain seperti bola voli dan sepakbola. Itu karena bola basket memiliki beberapa gerakan seperti memegang bola, melempar bola, menggiring, menangkap, menembak dan rebound.

Memegang bola menjadi langkah pertama yang harus dikuasai oleh para pemain basket. Selanjutnya, gerakan yang penting bagi pebasket adalah melempar bola.

Melempar bola menjadi salah satu teknik dasar yang harus dikuasai. Dalam olahraga bola basket, setidaknya terdapat tiga macam lemparan yang harus dikuasai para pemain, yaitu melempar bola dari atas kepala, melempar bola dari depan dada, dan melempar bola memantul ke tanah.

Melempar bola dari atas kepala dinamakan over head pass. Sedangkan, melempar bola dari depan dada adalah chest pass dan melempar bola memantul ke tanah disebut sebagai bounce pass.

1. Over head pass

Dalam over head pass, pemain melakukan lemparan bola dari atas kepala, baik untuk mengumpan ataupun memasukkan bola langsung ke dalam ring.

2. Chest pass

Dalam chest pass, para pemain melempar bola setinggi dada. Lemparan ini dilakukan dengan cara memberikan bola ke teman dengan melempar tepat ke arah depan dada. Kelebihan chest pass adalah lebih cepat dan lebih kuat untuk mencapai teman. Lemparan ini sangat bermanfaat untuk operan jarak pendek.

3. Bounce pass

Dalam bounce pass, pemain harus memantulkan bola ke lantai untuk mengarahkannya kepada rekan setim. Biasanya lemparan ini dilakukan ketika akan mengumpan bola kepada rekan setim. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network