Peringkat 10 Klub Paling Bernilai di Liga Premier versi Sportico

"No.1 adalah klub besar yang tak pernah juara liga lagi."

Feature | 27 January 2023, 07:21
Peringkat 10 Klub Paling Bernilai di Liga Premier versi Sportico

Libero.id - Jika ditotalkan secara nilai, Manchester United adalah klub Liga Premier paling berharga saat ini. Setan Merah mengungguli Manchester City, Chelsea, Liverpool, dan Arsenal. Kok, bisa?

Man United telah berjuang untuk sebuah konsistensi di Liga Premier, terutama sejak Sir Alex Ferguson pensiun pada 2013. Setan Merah menjalani satu dekade tanpa gelar Liga Premier dan telah bergonta-ganti banyak pelatih maupun kedatangan beberapa nama pesepakbola top.

Meski minor prestasi, Man United ternyata mengalami peningkatan pemasukan hingga 28 persen.

Sebuah studi dari Sportico telah mengungkapkan bahwa Man United bernilai 4,8 miliar pounds (Rp8,8 triliun). Itu menempatkan mereka dengan kuat di atas nilai Liverpool (3,8 miliar pounds/Rp7 triliun) dan Manchester City (3,5 miliar pounds/Rp6,4 triliun).

Arsenal, yang menantang gelar Premier League musim ini , mengejar rival mereka dan naik ke tabel penilaian. The Gunners berada di urutan keempat dengan nilai 2,9 miliar pounds (Rp5,2 triliun). Kemudian, rival Arsenal di London, Chelsea, berada di belakang dengan 2,8 miliar pounds (Rp5,1 triliun).

Newcastle United juga masuk dalam 10 klub Liga Premier paling berharga. The Magpies mengamankan peningkatan penilaian terbesar untuk tim mana pun antara 2021 dan 2023.

Dana Investasi Publik Arab Saudi memimpin sebuah konsorsium untuk menyelesaikan akuisisi mereka yang menakjubkan atas Newcastle United dari Mike Ashley pada 2021. Pemilik Newcastle United memiliki ambisi besar menjadi penantang serius Liga Premier dan memperbarui kekayaan klub sejak era Mike Ashley.

Menurut Sportico, klub Liga Premier telah meningkat 63 persen secara mengejutkan dalam periode yang disebutkan di atas dan sekarang bernilai 357 juta pounds.

Menariknya, pemilik Man United, Avram dan Joel Glazer, dilaporkan akan menjual Setan Merah seharga 5 miliar pounds (Rp9, 2 triliun). Tawaran itu diajukan sambil mereka  mengevaluasi semua opsi .

"Kekuatan Manchester United bertumpu pada semangat dan loyalitas komunitas global kami yang terdiri dari 1,1 miliar penggemar dan pengikut. Saat kami berusaha untuk terus membangun sejarah kesuksesan klub, dewan telah mengesahkan evaluasi menyeluruh terhadap alternatif strategis," kata Avram dan Joel Glazer, akhir tahun lalu, dilansir Sky Sports.

"Kami akan mengevaluasi semua opsi untuk memastikan bahwa kami melayani para penggemar kami dengan sebaik-baiknya dan bahwa Manchester United memaksimalkan peluang pertumbuhan signifikan yang tersedia untuk klub saat ini dan di masa depan," tambah Avram dan Joel Glazer.

"Sepanjang proses ini kami akan tetap fokus sepenuhnya untuk melayani kepentingan terbaik para penggemar, pemegang saham, dan berbagai pemangku kepentingan kami," pungkas Avram dan Joel Glazer.

Peringkat 10 klub Liga Premier paling berharga menurut Sportico:

10. Newcastle United (Rp658 miliar
9. Leicester City (Rp815 miliar)
8. Everton (Rp896 miliar)
7. West Ham United (Rp994 miliar)
6. Tottenham Hotspur (Rp4,7 triliun)
5. Chelsea (Rp5,1 triliun)
4. Arsenal (Rp5,2 triliun)
3. Manchester City (Rp6,4 triliun)
2. Liverpool (Rp7 triliun)
1. Manchester United (Rp8,8 triliun)

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network