Ada yang Minat? Farhad Moshiri Ingin Jual Everton

"Tampaknya bapak yang satu ini sudah bosan diejek suporter."

Analisis | 25 January 2023, 19:01
Ada yang Minat? Farhad Moshiri Ingin Jual Everton

Libero.id - Prestasi Everton yang jalan di tempat dalam beberapa tahun terakhir mulai membuat sang pemilik, Farhad Moshiri, mengibarkan bendera putih. Pengusaha Inggris keturunan Iran berencana melepas kepemilikan saham mayoritasnya di Goodison Park. Anda berminat?

Farhad Moshiri baru saja memecat Frank Lampard setelah serangkaian hasil buruk di Liga Premier 2022/2023. Itu membuat The Toffees harus berjuang sangat keras melawan degradasi untuk musim kedua berturut-turut.

Merespons semua hasil minor, fans Everton menggelar banyak aksi protes, khususnya terhadap kepemilikan klub oleh Farhad Moshiri. Mereka ramai-ramai menyerukan sang pengusaha keluar dari Goodison park.

Desakan pendukung membuat Farhad Moshiri mulai mempertimbangkan menjual sahamnya. Menurut The Guardian, dirinya sekarang mencari strategi dan cara yang tepat untuk melepas kepemilikan atas klub. Setelah tujuh tahun berkuasa, dia ingin menjual klub lebih dari 500 juta pounds (Rp9,2 triliun).

Farhad Moshiri sangat terbuka untuk pengambilalihan secara besar-besaran. Dia bersedia menerima penjualan minoritas atau mayoritas, dengan sejumlah pembeli potensial yang telah menyatakan minatnya.

Jika deal, ini akan menjadi akhir era Farhad Moshiri yang telah menghabiskan sekitar 700 juta pounds (Rp12 triliun) untuk membeli banyak pemain gagal.

Beberapa rekrutan besar mereka termasuk Amadou Onana seharga 31,5 juta pounds (Rp571 miliar), Alex Iwobi 28 juta pounds (Rp516 miliar), Yerry Mina 27 juta pounds (Rp498 miliar), Michael Keane 25 juta pounds (Rp461 miliar), hingga Moise Kean 24 juta pounds (Rp442 miliar). Semuanya tidak memenuhi harapan.

Everton hanya finish di urutan 11 pada musim 2014/2015. Itu kampanye penuh terakhir mereka sebelum Farhad Moshiri mengambil alih. Setelah Farhad Moshiri datang, mereka berhasil tiga kali finish 10 besar. Tapi, harus berjuang untuk bertahan di Liga Premier dalam dua musim terakhir.

Sejumlah pelatih datang dan pergi. Itu termasuk Ronald Koeman, Sam Allardyce, Marco Silva, Carlo Ancelotti, Rafa Benitez, hingga Frank Lampard.

Meski minor di lapangan, salah satu yang layak dikenang dari era Farhad Moshiri adalah keputusannya membangun stadion baru. Dia telah memberikan uang untuk stadion canggih yang saat ini sedang dibangun di Dermaga Bramley-Moore. Biayanya, 550 juta pounds (Rp10 triliun).

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Everton


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network