Jelaskan Teknik Menghentikan Bola dengan Dada dalam Permainan Sepakbola

"Simak penjelasan berikut ini.."

Analisis | 24 January 2023, 02:59
Jelaskan Teknik Menghentikan Bola dengan Dada dalam Permainan Sepakbola

Libero.id - Sepakbola merupakan salah satu olahraga yang dimainkan dengan cara sederhana. Dalam permainan ini, kaki sebagai anggota tubuh berperan utama dalam memainkan bola. Tapi, pada dasarnya semua anggota tubuh dapat digunakan memainkan bola kecuali tangan. Hanya kiper yang boleh menggunakan tangan.

Salah satu bagian tubuh yang dapat digunakan untuk mengontrol atau menghentikan bola adalah dada.

Merujuk pada modul Permainan Bola Besar (2017) karya Dudi Hartono, S.Si dan Asep Saefudin, S.Si, terdapat tiga keterampilan gerak dalam permainan sepakbola. Tiga kelompok keterampilan dalam permainan sepakbola adalah keterampilan menendang, keterampilan mengontrol atau menghentikan bola, dan keterampilan menggiring bola.

Untuk mengontrol atau menghentikan bola, para pemain dapat menggunakan beberapa bagian tubuh, yaitu kaki, kepala, paha, dan dada.

Cara Menghentikan Bola Menggunakan Dada

Secara umum, cara mengehentikan bola menggunakan dada adalah dengan melakukan sebuah gerakan ketika badan bagian atas dicondongkan ke belakang dan bagian dada ditarik ke arah depan. 

1. Sikap Awal: fokuskan pandangan fokus terhadap arah datangnya bola. Lalu berdirilah dengan kaki dibuka selebar bahu.

2. Pelaksanaan Gerak: busungkanlah dada, kemudian kaki sedikit ditekuk. Perkenaan bola ketika menghentikan bola menggunakan dada adalah dada bagian atas. Tariklah dada sedikit ke belakang ketika bola menyentuh dada. Hal ini bertujuan untuk mengurangi pantulan bola sehingga bola dapat dikuasai. 

3. Akhir Gerakan: tumpukanlah berat badan di kedua kaki. Arahkanlah pandangan ke bola.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network