Raja Midas, Inilah Klasemen Liga Premier Sejak Unai Emery Gabung Aston Villa

"Pelatih yang mengubah peruntungan klub medioker.."

Analisis | 24 January 2023, 00:11
Raja Midas, Inilah Klasemen Liga Premier Sejak Unai Emery Gabung Aston Villa

Libero.id - Keputusan Aston Villa mengganti Steven Gerrard dengan Unai Emery ternyata tepat. Pasalnya, hanya Arsenal yang meraih poin lebih banyak dari Aston Villa sejak pelatih asal Spanyol itu kembali ke Liga Premier pada November 2022.

Unai Emery meninggalkan tim La Liga, Villarreal, untuk mengambil pekerjaan di Villa Park, Birmingham, dengan pengalaman Liga Premier bersama Arsenal.

Hasilnya, pria yang sempat melatih Valencia, Sevilla, hingga Paris Saint-Germain (PSG) itu telah membuat awal yang luar biasa untuk pekerjaan barunya itu. Unai Emery mendalangi lima kemenangan dan hanya satu kekalahan dari tujuh pertandingan Liga Premier.

Ketika Steven Gerrard dipecat pada Oktober 2022, Aston Villa mendekam di dekat zona degradasi. Mereka hanya memenangkan dua dari 11 pertandingan Liga Premier.

Sekarang, Aston Villa berada di urutan 11 dalam tabel klasemen. Mereka hanya satu poin di belakang Chelsea dan Liverpool. Lalu, hanya lima poin di belakang tempat kelima Tottenham Hotspur. Jika mereka bisa mempertahankan hasil seperti ini, lolos ke kompetisi Eropa tentunya bukan hal yang mustahil.

Satu poin terendah sejauh ini datang dari kekalahan 1-2 melawan Stevenage di Piala FA. Tapi tim asuhan Unai Emery telah merespons dengan mengagumkan sejak saat itu. Mereka memetik kemenangan beruntun di liga atas Leeds United dan Southampton.

"Saya pikir kami bisa berbuat lebih baik," kata Unai Emery kepada BBC Sports setelah menang 1-0 atas Southampton.

"Kami memenangkan beberapa pertandingan. Tapi, ada lebih banyak hal dalam pikiran saya yang ingin saya lakukan. Banyak tim mencoba merekrut pemain untuk meningkatkan dan bertahan di Liga Premier. Kami hanya merekrut satu pemain untuk saat ini," tambah Unai Emery.

"Kami, di atas segalanya, memberikan kesempatan kepada para pemain (yang ada saat ini) untuk menunjukkan bahwa mereka telah meningkat bersama kami. Kemudian, kami dapat menambahkan beberapa pemain untuk meningkatkan skuad dan menambahkan keseimbangan yang lebih baik ke setiap posisi," ungkap Unai Emery.

Nah, berikut ini adalah klasemen Liga Premier 2022/2023 sejak Unai Emery melatih Aston Villa:

1. Arsenal: 19 poin, +10
2. Manchester United: 16 poin, +6
3. Manchester City: 16 poin, +7
4. Aston Villa: 16 poin, +5
5. Newcastle United: 15 poin, +8
6. Brentford: 15 poin, +7
7. Brighton and Hove Albion: 13 poin, +6
8. Liverpool: 13 poin, +1
9. Fulham: 12 poin, +3
10. Nottingham Forest: 12 poin, +1
11. Chelsea: 8 poin, -1
12. Crystal Palace: 8 poin, -6
13. Tottenham Hotspur: 7 poin, -2
14. Leicester City: 7 poin, -3
15. Wolverhampton Wanderers: 7 poin, -5
16. Leeds United: 6 poin, -3
17. West Ham United: 4 poin, -6
18. Bournemouth: 4 poin, -7
19. Southampton: 3 poin, -9
20. Everton: 1 poin, -12

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network