Jelaskan dan Sebutkan Macam-macam Passing dalam Permainan Bola Basket

"Simak penjelasan detailnya berikut ini.."

Analisis | 17 January 2023, 03:01
Jelaskan dan Sebutkan Macam-macam Passing dalam Permainan Bola Basket

Libero.id - Dalam permainan bola basket, passing merupakan salah satu teknik dasar yang harus dikuasai selain dribbling, shooting, rebound, dan pivot.

Pada sebuah pertandingan bola basket, passing digunakan untuk membangun serangan yang bertujuan memasukkan bola ke dalam keranjang lawan. Passing harus dilakukan dengan cara yang tepat agar bola ditangkap sebaik mungkin oleh rekan setim.

Mengutip dari situs Breakthrough Basketball, terdapat dua teknik dalam melakukan passing yaitu air pass dan bounce pass. Air pass adalah teknik mengumpan dengan cara melempar bola ke arah rekan satu tim tanpa menyentuh lantai. Sementara bounce pass adalah melemparkan bola ke lantai sehingga bola memantul ke penerima.

Passing dengan Dua Tangan

Passing dalam permainan bola basket dapat dilakukan dengan dua tangan. macam-macam passing dengan dua tangan pada permainan bola basket yaitu chest pass, overhead pass, dan bounce pass.

1. Chest Pass

Chest pass adalah teknik mengoper bola dalam permainan bola basket dengan bola dilempar kepada rekan setim searah dada. Teknik mengumpan ini bisa dilakukan menggunakan kedua tangan.

2. Overhead Pass

Overhead pass adalah teknik melempar bola dari atas kepala (overhead). Cara melakukannya yaitu dengan menarik bola hingga atas kepala. Lalu, melemparkannya menggunakan dua tangan. Teknik ini cocok untuk operan jarak jauh. Biasanya, pemain yang dituju adalah rekan setim yang berpostur tinggi.

3. Bounce Pass

Bounce pass adalah teknik yang ilakukan dengan melemparkan bola ke lantai agar memantul ke penerima. Seorang pemain bola basket yang bertanding dengan lawan yang mempunyai postur tinggi, maka sebaiknya dalam memberikan operan kepada temannya menggunakan bounce pass.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network