Pro-Kontra Shin Tae-yong Lanjut atau Dipecat, Pendapat Exco PSSI Terbelah

"Mengapa bukan Exco PSSI saja yang mundur?"

Analisis | 14 January 2023, 16:21
Pro-Kontra Shin Tae-yong Lanjut atau Dipecat, Pendapat Exco PSSI Terbelah

Libero.id - Kegagalan Shin Tae-yong mempersembahkan Piala AFF 2022 mendapatkan respons Komite Eksekutif (Exco) PSSI. Meski tidak satu suara, beberapa anggota menyatakan pelatih asal Korea Selatan itu wajib mundur atau dipecat. Tapi, ada juga yang merasa STY tidak perlu diberhentikan saat ini.

Setelah mencapai final Piala AFF 2020, tim nasional Indonesia asuhan Shin Tae-yong gagal di semifinal Piala AFF 2022. Pasukan Garuda dikalahkan Vietnam 0-2 agregat (0-0, 0-2).

Kekalahan itu memunculkan kembali perdebatan apakah Shin Tae-yong masih bisa dipertahankan atau tidak. Meski memiliki kontrak hingga 31 Desember 2023 dan meloloskan Indonesia ke Piala Asia 2023, beberapa pihak menganggap menjuarai Piala AFF 2022 jauh lebih penting. Apalagi, dia juga gagal di SEA Games 2021.

Salah satu anggota Exco PSSI yang menginginkan Shin Tae-yong diganti adalah Juni Rahman. Dia menilai Shin Tae-yong harus meletakkan jabatannya sebagai pelatih karena gagal membawa timnas juara.

"Gagal, out-lah," ucap Juni Rahman singkat sambil tertawa saat ditemui awak media di pelataran GBK Arena, Jakarta, setelah rapat penghentian Liga 2 dan Liga 3, beberapa hari lalu.

Seperti Juni Rahman, anggota Exco PSSI lainnya, Haruna Soemitro, juga memberi sinyal setuju memecat Shin Tae-yong. Mantan manajer Madura United itu memang tidak mau banyak berkomentar. Pria yang pernah dihujat suporter ketika meminta Shin Tae-yong mundur setelah Piala AFF 2020 itu hanya menyindir.

"Para pemuja STY, waktu dan tempat dipersilakan," ujar Haruna Soemitro singkat.

Tapi, apakah semua anggota Exco PSSI ingin Shin Tae-ying diganti? Tidak! Salah satu yang masih menganggap Shin Tae-yong dibutuhkan sepakbola Indonesia adalah Yoyok Sukawi. Pria asal Semarang menyatakan kurang setuju jika Shin Tae-yong harus diganti saat ini.

Menurut petinggi PSIS Semarang, pelatih asal Korea Selatan itu telah banyak memberikan hasil bagus sejak dikontrak pada 28 Desember 2019.

"Sebagai anggota Exco saya dengan tegas menolak kalau Shin Tae-yong harus mundur atau dipecat dari posisi pelatih timnas. Memang, harus ada evaluasi. Tapi, evaluasi tidak harus dengan pemecatan atau mundur. Shin Tae-yong sudah banyak melakukan perubahan-perubahan yang berujung positif pada timnas," kata Yoyok Sukawi.

Jadi, bagaimana nasih Shin Tae-yong ke depan? Kita lihat saja nanti. Pasalnya, Shin Tae-yong masih terikat kontrak hingga akhir tahun. Dan, tugas utamanya ada di Piala AFC U-20 2023, Piala Dunia U-20 2023, Piala Asia 2023, dan SEA Games 2023.

"Saya orang teknis, paham betul bagaimana susahnya membangun tim yang bagus. Memang perlu proses, tapi setelah kami diskusi dan evaluasi nanti akan saya laporkan ke Ketua Umum dan Exco (PSSI). Ini kami sedang cari waktu (evaluasi) karena coach (Shin Tae-yong) juga perlu istirahat," ungkap Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network