Jelaskan Cara Melakukan Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli

"Simak penjelasan berikut ini.."

Analisis | 10 January 2023, 01:00
Jelaskan Cara Melakukan Passing Bawah dalam Permainan Bola Voli

Libero.id - Sama dengan permainan bola besar lainnya seperti sepakbola dan bola basket, permainan bola voli juga memiliki beberapa teknik dasar yang harus dikuasai para pemain.

Salah satunya yaitu teknik dasar passing. Kemampuan melakukan passing atau mengoper dengan baik sangat diperlukan dalam permainan bola voli. Sebab, teknik ini bisa suatu waktu dilakukan dengan dua fungsi sekaligus, yaitu bisa berguna mengamankan bola dari serangan lawan dan menciptakan umpan kepada rekan setim.

Dalam permainan bola voli, terdapat dua teknik passing atau mengoper yaitu passing bawah dan passing atas. Passing bawah merupakan teknik dalam permainan bola voli yang diterapkan untuk menerima bola dari servis lawan, sekaligus bisa langsung memberikan umpan ke rekan setim atau langsung mengembalikan bola ke area lawan.

Jika merujuk pada buku Jago Bola Voli (2020) karya Ikbal Tawakal, fungsi lain dari passing bawah yaitu untuk mengambil bola rendah dengan bertujuan mengumpan.

Ketika melakukan passing bawah dalam permainan voli, sang pemain harus bersiap dengan posisi kedua kaki terbuka dengan lutut ditekuk, kedua tangan direntangkan ke depan, dan kedua tangan disatukan.

Selain itu, gerakan passing bawah juga biasanya menggunakan dua tangan agar umpan lebih akurat. Sehingga bentuk arah bola yang dihasilkan dari passing bawa pun seperti parabola, yaitu melambung ke atas dan mengarah ke rekan satu tim.  Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan passing bawah adalah harus memperkirakan ayunan tangan agar tidak melambung terlalu tinggi.

Cara Melakukan Passing Bawah dalam Bola Voli

1. Tubuh dalam posisi tegak dengan kedua kaki dibuka selebar bahu. Sementara kedua lutut sedikit ditekuk dan badan agak condong ke depan. 

2. Kemudian ketika akan melakukan passing, pastikan salah satu kaki maju ke depan, sebagai langkah persiapan. 

3. Adapun sikap kedua kaki saat melakukan passing pada permainan voli adalah dengan ditekuk ke depan seperti memasang kuda-kuda. 

4. Sementara posisi lengan pada saat melakukan passing bawah yaitu kedua tangan diluruskan ke depan bawah dan dirapatkan dan pastikan posisi ibu jari sejajar. 

5. Saat bola sudah hampir tiba, mulai arahkan kedua tangan mengikuti arah datangnya bola. 

6. Kemudian ayunkan kedua tangan untuk memukul bola dengan kedua siku tangan harus dalam posisi lurus. Sehingga posisi persentuhan bola passing bawah terletak pada bagian lengan atau bagian atas pergelangan tangan. 

7. Dan ketika tangan memukul bola, luruskan kedua lutut kaki. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network