Teganya Shin Tae-yong Mainkan Spaso, Saddil, dan Witan Hanya Semenit, Kok Bisa?

"Baru pegang bola langsung prit. Kasihan.."

Berita | 07 January 2023, 10:23
Teganya Shin Tae-yong Mainkan Spaso, Saddil, dan Witan Hanya Semenit, Kok Bisa?

Libero.id - Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, membeberkan alasan mengapa ia baru mengganti beberapa pemainnya pada injury time. Itu dilakukannya lantaran para pemain yang berlaga sejak menit awal mampu bermain dengan baik.

Dari regulasi 5 kali pergantian pemain, Shin Tae-yong memang menggunakan 4, namun 3 pemain dimasukkan jelang satu menit laga akan berakhir. Satu lainnya masuk di menit ke-81.

Hal itu terjadi dalam pertandingan leg pertama babak semifinal Piala AFF 2022 yang mempertemukan Timnas Indonesia melawan Timnas Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, pada Jum'at (6/1) sore WIB.

Dalam laga yang berkesudahan dengan skor imbang tanpa gol itu, Shin Tae-yong baru menarik keluar Rachmat Irianto dan memasukan Ricky Kambuaya di menit 81.

Punggawa Persib Bandung itu masih cukup beruntung kalau dibandingkan dengan 3 pemain lainnya: Ilija Spasojevic, Saddil Ramdani, dan Witan Sulaeman. Mereka masuk menggantikan Yakob Sayuri, Marselino Ferdinan, dan Dendy Sulistywan pada saat injury time. Wasit memberikan tambahan waktu 5 menit dan ketiganya disiapkan saat waktu menunjukkan 92 menit berjalan.



Dan ketiganya baru benar-benar masuk semenit sebelum laga bubar.

Lantas hal apa yang mendasari seorang Shin Tae-yong tidak menggunakan kuota pergantian pemain sementara Park Hang-seo sudah melalukan pergantian pemain sejak menit ke-69.

"Dalam pertandingan banyak sekali hambatan yang terjadi di lapangan. Tapi, para pemain bekerja keras dengan baik sepanjang pertandingan sehingga saya baru melakukan pergantian pemain di akhir pertandingan," Ungkap pelatih asal Korea Selatan itu saat konferensi pers usai laga.

Ya, apapun itu alasannya yang mungkin membuat kita kesal atau sebagainya, tetap tak merubah fakta kalau itu hak prerogatif dan bisa jadi merupakan strategi dari Shin Tae-yong.

Kendatipun Timnas Indonesia gagal meraup poin penuh. Adapun leg kedua semifinal Piala AFF 2022 akan berlangsung Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, pada Senin (9/1) mendatang.

(gigih imanadi darma/gie)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)
Endro Utoyo (2023-01-07 17:44:38)
mending gak usah ada pengganti dari pada bikin sakit hati pemain
Komentar Selengkapnya

Artikel Pilihan


Daun Media Network