Jelaskan Siapa Tokoh yang Berjasa Menciptakan Permainan Bola Basket

"Dia seorang guru sekolah. Siapa dia?"

Biografi | 30 December 2022, 02:12
Jelaskan Siapa Tokoh yang Berjasa Menciptakan Permainan Bola Basket

Libero.id - Olahraga basket merupakan salah satu permainan bola besar yang populer di dunia. Dengan segudang manfaat bagi kesehatan tubuh, permainan bola basket telah dimainkan di banyak negara.

Setiap permainan olahraga tentu memiliki tokoh pencipta. Begitu juga dengan permainan bola basket. Orang yang pertama kali menciptakan sebuah olahraga tentu menjadi tokoh bersejarah yang sangat patut dikenang atas jasanya di bidang olahraga.

Permainan bola basket diciptakan guru olahraga pada 1891 di Kanada. Lebih dulu dari permainan bola voli. Bahkan, konon, pencipta bola voli terinspirasi dari permainan bola basket. Orang yang telah berjasa menciptakan olahraga ini adalah James Naismith.

James Naismith menciptakan permainan bola basket setelah terinspirasi dari permainan yang dulu dimainkannya ketika masih kecil di Ontario. Dia menciptakan permainan bola basket pada 15 Desember 1891.

Olahraga ini seketika menarik perhatian sejumlah orang, terutama murid-muridnya. Hal itu semakin membuat James Naismith percaya diri untuk mengembangkan permainan yang baru diciptakan. Dia kemudian memutuskan untuk menulis aturan dasar permainan bola basket dan membuat ring yang ditempelkan pada tembok gelanggang olahraga.

Setelah itu, James Naismith meminta siswanya untuk mempraktikan permainan bola basket berdasarkan aturan yang telah dia buat.

Tak berselang lama, sebuah pertandingan bola basket kemudian diadakan pertama kali pada 20 Januari 1892 di tempat kerja James Naismith. Pascapertandingan, permainan bola basket semain menyebar dan dikenal seantero Amerika Utara. Olahraga ini dimainkan banyak orang.

James Naismith lahir di Almonte, 6 November 1861, dan tutup usia pada 28 November 1939 dalam usia 78 tahun. Awalnya, dia tercatat sebagai warga Kanada. Tapi, pindah menjadi warga AS pada 4 Mei 1925.

Permainan bola basket yang diciptakan James Smith sebenarnya merupakan hasil kreativitasnya selama bekerja sebagai guru di YMCA, Springfield. Dilandasi kegelisahan pribadi dan kebosanan pada murid-muridnya dalam pelajaran olahraga saat musim dingin.

Akibat jasanya, James Naismith diundang ke Olimpiade 1936 di Berlin dan dianugerahi gelar Presiden Kehormatan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA).  Dan, sampai saat ini, James Naismith diakui sebagai orang pertama yang memperkenal permainan bola basket sekaligus pencipta bola basket. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network