Head to head Indonesia vs Thailand, Kemenangan Terakhir 6 Tahun lalu

"Laga klasik Asia Tenggara yang sebenarnya. Masih ingat?"

Analisis | 29 December 2022, 06:01
Head to head Indonesia vs Thailand, Kemenangan Terakhir 6 Tahun lalu

Libero.id - Tim nasional Indonesiakembali menghadapi salah satu lawan tradisional paling tangguh, yaitu Thailand. Ini menjadi ulangan final Piala AFF 2020.

Pasukan Garuda bakal menjamu tim Gajah Perang di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (27/12/2022) sore WIB. Ini adalah pertandingan ketiga Grup A dengan Thailand dan Indonesia sama-sama mengumpulkan 6 poin. Hanya saja Thailand berhak di puncak karena unggul produktivitas gol.

Pertandingan Indonesia vs Thailand selalu menarik sejak lama. Sebab, ini adalah dua kekuatan utama sepakbola di Asia Tenggara.

Statistik menunjukkan, Indonesia sudah berhadapan dengan Thailand pada 80 kesempatan di berbagai ajang. Hasilnya, tim Merah-Putih menang 25 kali, imbang 15 kali, dan kalah 40 kali. Yang terbaru tahun lalu saat Indonesia menyerah 0-4 dan imbang 2-2 di Singapore National Stadium, Singapura.

Sebelumnya, Indonesia juga berjumpa Thailand pada Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Hasilnya, saat pasukan Garuda dilatih Simon McMenemy, kekalahan 0-3 menjadi kesimpulan.

Kemudian, ketika Shin Tae-yong mengambil alih skuad dan pertandingan diselenggarakan di tempat netral, Dubai, akibat pandemi Covid-19, hasilnya lumayan. Pasalnya, taktik defensif Shin Tae-yong membuat skor imbang 0-0. Dan, itu membua Akane Nishino kehilangan kursi pelatih digantikan Mano Polking.

Lalu, kapan terakhir kali Indonesia mengalahkan Thailand? Itu terjadi enam tahun lalu di Stadion Pakansari, Cibiniong.

Hari itu, 14 Desember 2016, Indonesia menjamu Thailand pada leg pertama final Piala AFF 2016. Dua gol Rizky Pora dan Hansamu Yama Pranata mampu diperkecil Teerasil Dangda membuat skor akhir 2-1. Indonesia tertinggal dulu sebelum akhirnya comeback lewat penampilan keren.

Sayang, kemenangan 2-1 di Cibinong tidak berlanjut di Bangkok, 17 Desember 2016, pada leg kedua. Saat itu, dua gol Siroch Chatthong membuat Indonesia menyerah 0-2. Yang ikonik dari pertandingan ini adalah tendangan Abduh Lestaluhu ke bench Thailand. 

Masih ingat insiden itu? Cek videonya berikut ini.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network