FA Buka Opsi Pelatih Asing Jika Gareth Southgate Berhenti

"Beberapa nama pelatih top Liga Premier jadi kandidat.."

Analisis | 13 December 2022, 17:40
FA Buka Opsi Pelatih Asing Jika Gareth Southgate Berhenti

Libero.id - Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) terbuka menunjuk pelatih asing untuk tim nasional Inggris jika Gareth Southgate berhenti menyusul kegagalan The Three Lions di Piala Dunia 2022. Sebab, pro kontra bermunculan di antara pendukung Inggris soal apakah Gareth Southgate masih bisa dipertahankan atau tidak.

Laporan media-media Inggris menyatakan Gareth Southgate sedang mempertimbangkan masa depannya, meski terikat kontrak hingga Euro 2024.

Gareth Southgate menyebut sedang berbicara dengan orang-orang terdekatnya sebelum membuat keputusan akhir, apakah lanjut atau berhenti. Pasalnya, melatih The Three Lions adalah salah satu pekerjaan yang paling berat secara mental karena penuh caci-maki.

Sebenarnya, FA sangat menginginkan Gareth Southgate bertahan. Sebab, mereka menilai dirinya merupakan pelatih Inggris dengan performa terbaik sejak Sir Alf Ramsey.

FA juga masih ingin Gareth Southgate tetap memimpin pasukan The Three Lions pada Kualifikasi Euro 2024. FA berharap dia bertahan dan Direktur teknik FA, John McDermott, akan memimpin diskusi ini dalam waktu dekat.

Tapi, FA juga tidak bisa menutup mata dan telinga dengan kegagalan Inggris di perempat final Piala Dunia 2022. Sebab, ada banyak orang yang sekarang meminta mereka melakukan evaluasi terhadap posisi Gareth Southgate. Itu karena dia sudah memimpin Inggris di Euro 2016, Piala Dunia 2018, Euro 2020, dan Piala Dunia 2022.

Jika FA tidak dapat melaksanakan rencana A, dapat dipahami bahwa pada tahap ini mereka tidak mengesampingkan penunjukan pelatih asing untuk menggantikan Gareth Southgate.

Itu karena tidak ada kandidat pelatih asli Inggris yang cukup layak untuk menggantikan Gareth Southgate. Pelatih Newcastle United, Eddie Howe, dan Graham Potter (Chelsea) memang diakui secara luas sebagai dua pelatih Inggris yang bagus. Tapi, untuk mengelola tim nasional, pamor mereka belum cukup.

Lalu, siapa kandidatnya? Pep Guardiola akan dipandang sebagai opsi impian. Tapi, pria Spanyol itu baru saja menandatangani kontrak baru dengan Manchester City.

Ada lagi Mauricio Pochettino dan Thomas Tuchel, yang diyakini sama-sama akan tertarik dengan pekerjaan melatih Inggris jika ditawarkan. Tapi, ada keraguan apakah mereka akan dipertimbangkan FA. Pasalnya, mereka adalah orang Argentina dan Jerman, yang secara tradisional jadi rival Inggris di Piala Dunia. 

Jadi, kita tunggu saja nanti siapa yang pada akhirnya melatih Inggris? Apakah tetap Gareth Southgate atau nama lainnya?

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network