Siapa Saja Mereka? 7 Kandidat Pengganti Gareth Southgate Jika Dipecat

"Ada pelatih top. Ada juga mantan pemain Inggris. Ini daftarnya.."

Analisis | 12 December 2022, 05:05
Siapa Saja Mereka? 7 Kandidat Pengganti Gareth Southgate Jika Dipecat

Libero.id - Perjalanan tim nasional Inggris di Piala Dunia 2022 sudah berakhir. Itu berarti masa depan Gareth Southgate sebagai nakhoda The Three Lions juga akan paripurna. Rumornya, beberapa nama jadi calon pelatih baru Inggris untuk Euro 2024 dan Piala Dunia 2026.

Selepas gagal mengantarkan timnas berbuat banyak di Piala Dunia 2022, nama-nama seperti Luis Enrique (Spanyol), Tata Martino (Meksiko), hingga Tite (Brasil), memutuskan mengundurkan diri.

Lantas, bagaimana dengan Gareth Southgate? Banyak yang memperkirakan posisi Gareth Southgate sebagai pelatih kepala Inggris tidak akan bertahan lama. Itu karena pendukung dan media Inggris terkenal kejam. Mereka tidak akan mentoleransi pelatih yang tidak sanggup memberikan piala.

Catatan menunjukkan, bersama Gareth Southgate, Inggris telah mencapai semifinal Piala Dunia 2018 dan final Euro 2020. Dan, seandainya Gareth Southgate benar-benar mengundurkan diri atau dipecat, siapa yang akan jadi pengganti pelatih berusia 56 tahun itu?

Berikut ini 7 nama pelatoh terkenal yang dibicarakan banyak orang cocok menggantikan Gareth Southgte di kursi panas bench Wembley:

1. Thomas Tuchel

Pada Oktober 2022, surat kabar Jerman, Bild, mengklaim mantan pelatih Chelsea bersikap terbuka untuk menerima tawaran melatih Inggris. Kabar itu muncul setelah Thomas Tuchel dipecat Todd Boehly. Pengalaman di Inggris dan trofi Liga Champions sudah lebih dari cukup untuk menangani The Three Lions.

2. Mauricio Pochettino

Mauricio Pochettino meninggalkan Liga Premier setelah melatih pemain-pemain asal Inggris seperti Harry Kane, Kieran Trippier, Dele Alli, dan banyak lagi. Selusin pemain Inggris melakukan debut untuk The Three Lions tak lama setelah bekerja dengan mantan pelatih Tottenham Hotspur dan Southampton itu.

Dengan statusnya sebagai pengangguran selepas dipecat PSG, Mauricio Pochettino terbuka untuk melatih banyak tim, termasuk The Three Lions.

3. Steve Holland

Satu-satunya pengalaman kepelatihan Steve Holland adalah selama 14 bulan di Crewe Alexandra pada 2007. Tapi, dia masih disebut-sebut oleh The Telegraph sebagai seseorang yang bisa menjadi pelatih Inggris berikutnya. Selain bekerja di bawah Jose Mourinho, Carlo Ancelotti, Rafael Benitez, dan Antonio Conte, dia juga telah bersama The Three Lions sejak 2013.

4. Jose Mourinho

Mantan pelatih Chelsea dan Manchester United itu pernah mengatakan dirinya berada dalam jarak beberama centimeter untuk menjadi pelatih Inggris berikutnya. Dalam sebuah wawancara dengan The Guardian, Jose Mourinho menyebut sempat nyaris jadi pengganti Steve McClaren.

Kini, jika tawaran datang, pelatih AS Roma itu bisa mengatakan setuju. Sebab, melatih tim nasional belum pernah masuk dalam CV pelatih asal Portugal.

5. Wayne Rooney

Pengalaman di Derby County dan DC United dianggap cocok untuk menjadi pelatih Inggris berikutnya, meski belum pernah bekerja di Liga Premier. Tapi, reputasi Wayne Rooney sebagai penyerang jempolan bisa menjadi kunci. Apalagi, di banyak tempat, mantan pemain selalu didorong untuk menjadi pelatih timnas.

6. Steven Gerrard

Meski gagal dengan Aston Villa, kesuksesan Steven Gerrard bersama Glasgow Rangers dianggap cukup jadi modal melatih Inggris. Sebagai mantan pemain The Three Lions, dorongan untuk mempekerjakan Legenda Liverpool sangat besar. Apalagi, jalan Steven Gerrard menggantikan Juergen Klopp masih jauh.

7. Frank Lampard

Bersama Wayne Rooney dan Steven Gerrard, Frank Lampard adalah nama mantan pemain lainnya yang dinilai harus bisa menjadi pelatih Inggris berikutnya. Pengalaman bersama Chelsea dan Everton sudah cukup untuk melatih The Three Lions.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network