Kesembuhan Louis Van Gaal dari Kanker Jadi Inspirasi Belanda di Piala Dunia 2022

"Mungkin saja Belanda bisa sampai ke final dan bisa keluar sebagai jawara..."

Berita | 06 December 2022, 02:30
Kesembuhan Louis Van Gaal dari Kanker Jadi Inspirasi Belanda di Piala Dunia 2022

Libero.id - Timnas Belanda merupakan salah satu favorit juara Piala Dunia 2022. Kini, skuad asuhan Louis Van Gaal itu melaju ke babak perempat final setelah sukses mengalahkan Amerika Serikat dengan skor 3-1 pada (Sabtu, 3/12/22) di Stadion Internasional Khalifa.

Mereka lantas bersiap untuk melawan timnas Argentina di babak perempat final, yang mana kedua tim tersebut merupakan pavorit juara Piala Dunia 2022.

Perjalanan cemerlang Belanda di Piala Dunia 2022 kali ini tak terlepas dari peran dingin sang pelatih, Louis Van Gaal. Mantan pelatih Barcelona itu sangat percaya kepada anak asuhnya.

Kesembuhan Louis Van Gaal dari kanker juga menjadi inspirasi besar bagi anak asuhnya untuk tampil di Piala Dunia 2022.

Hal itu diungkapkan bek Timnas Belanda, Daley Blind yang mengatakan bahwa Belanda mendapatkan inspirasi di Piala Dunia dari pemulihan Louis van Gaal dari kanker.

Mantan pelatih Barcelona itu memang telah lama menderita kanker. Di mana pada bulan April, dia menceritakan sempat diminta melakukan 25 perawatan radiasi untuk bentuk kanker prostat yang agresif, namun sang pelatih merahasiakan diagnosis dari para pemainnya selama kampanye kualifikasi Piala Dunia mereka.

Para pemain tidak menyadari bahwa Van Gaal mengenakan kateter di balik pakaian olahraganya selama sesi latihan atau menghabiskan malam setelah pertandingan di rumah sakit.

“Tentu saja itu ada di belakang kepala kami,” kata bek Ajax itu.

“Sejak saat pertama kami tidak mengetahuinya. Dia melakukan semua yang dia bisa untuk menjaganya dari kita. Dia bahkan pergi ke rumah sakit pada malam hari, agar tidak menunjukkan kepada tim apa yang dia alami." pungkas Daley Blind.

“Kami sangat menghormati bagaimana dia mengatasi penyakit ini saat ini. Tapi dia setajam biasanya. Dia adalah Louis van Gaal dan dia tidak akan pernah berubah. Apa yang Anda lihat adalah apa yang Anda dapatkan. Dia adalah kepribadian yang hebat dan kami sangat senang dia bersama kami." kata pemain berusia 32 tahun itu.

“Dia selalu tahu bagaimana menginspirasi pemain. Itu ada di belakang kepala kita tetapi kita tidak membutuhkan motivasi ekstra. Kami ingin memenangkan setiap pertandingan, kami ingin bermain untuk pelatih kami dan kami ingin melangkah sejauh yang kami bisa.” tambahnya.

Ayah Blind, Danny adalah asisten Van Gaal di Piala Dunia dan pasangan itu berbagi pelukan emosional setelah mantan pemain Manchester United itu mencetak gol kedua Belanda dalam kemenangan 16 besar mereka melawan AS pada Sabtu. 

Blind Jr berkata: “Saya tidak ingat apa yang dia katakan kepada saya – dia baru saja menarik saya! Itu hanya momen antara ayah dan anak. Kita akan membicarakannya lagi saat kita minum kopi di pagi hari dan di sore hari saat kita minum segelas anggur merah." pungkasnya. 

“Sungguh gila memiliki pengalaman ini bersama. Aku hanya bangga kita bisa berbagi. Inilah yang diimpikan anak-anak: mencetak gol di Piala Dunia atau bahkan bisa bermain di Piala Dunia. Apa yang bisa kamu katakan? Ada banyak kegembiraan, banyak emosi dan kebahagiaan. Untuk itulah kami berada di sini.” tambahnya. 

(atmaja wijaya/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network