Pemain yang Dikalahkan Evan Dimas Saat Junior, jadi Pahlawan Piala Dunia 2022

"Gol krusial di menit 90+1 lawan Portugal. Cek videonya."

Biografi | 03 December 2022, 00:26
Pemain yang Dikalahkan Evan Dimas Saat Junior, jadi Pahlawan Piala Dunia 2022

Libero.id - Masih ingat Hwang Hee-chan? Bagi pendukung tim nasional Indonesia, pemain Korea Selatan itu bukan sosok asing. Pemain yang pernah dikalahkan Evan Dimas di Kualifikasi Piala Asia U-19 2014 itu baru saja jadi pahlawan kelolosan The Taegeuk Warriors ke babak 16 besar Piala Dunia 2022. Keren!

Hari itu, 12 Oktober 2013, di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, dalam cuaca hujan deras dan lapangan tergenang, Hwang Hee-chan tampil membela Korea Selatan U-19 melawan Indonesia U-19 asuhan Indra Sjafri.

Tuan rumah tampil luar biasa. Mereka menang 3-2 lewat hattrick Evan Dimas. Hwang Hee-chan hanya bisa gigit jari melihat kehebatan pemain yang disebut sebagai "Andres Iniesta dari Indonesia".

Tapi, dunia berputar dengan cepat. Ketika Evan Dimas dan teman-teman seangkatanya tidak beranjak dari Liga Indonesia, pemain-pemain junior Korea Selatan berkelana ke seluruh dunia, termasuk Hwang Hee-chan. Dia membela Wolverhampton Wanderers setelah sukses di Red Bull Salzburg.

Bukti kehebatan Hwang Hee-chan bisa disaksikan pada pertandingan terakhir Grup E di Educational City Stadium, Jumat (2/12/2022) malam WIB. Masuk sebagai pemain pengganti, dia menentukan tiket ke babak 16 besar.

Melalui kemampuannya mencari ruang, Hwang Hee-chan menerima umpan cerdik Son Heung-min setelah menyisir pertahanan Portugal dalam serangan balik cepat. Pemain Tottenham Hotspur itu memberi sebuah assist yang mampu dimanfaatkan Hwang Hee-chan dengan brilian. Hebatnya, itu terjadi di menit 90+1.

Kemenangan 2-1 cukup membuat skor 2-0 Uruguay atas Ghana di Al Janoub Stadium, pada saat bersamaan tidak berarti. Meski sama-sama punya 4 poin dan selisih gol 0, Korea Selatan melaju karena punya 4 gol memasukkan berbanding 2 milik La Celeste.

(andri ananto/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network