Karamoko Dembele, Remaja Berusia 17 Tahun yang Jadi Rebutan Tiga Tim Nasional

"Dia juga dirumorkan diincar Barcelona, Real Madrid, Arsenal, Manchester United, Manchester City, Juventus, hingga Paris Saint-Germain."

Biografi | 12 August 2020, 13:33
Karamoko Dembele, Remaja Berusia 17 Tahun yang Jadi Rebutan Tiga Tim Nasional

Libero.id - Setelah tiga musim terakhir hanya mendapatkan kesempatan bermain tiga kali, Karamoko Dembele diproyeksikan menjadi pemain utama Glasgow Celtic musin 2020/2021. Di usia 17 tahun, dia sudah dianggap semakin matang. 

Dembela pertama kali mencuri perhatian pada 3 Oktober 2016. Saat itu, pemuda kelahiran London, 22 Februari 2003, tersebut menjalani debut bersama Glasgow Celtic U-20. Saat itu, dia baru berusia 13 tahun dan bermain melawan remaja-remaja yang tujuh tahun lebih tua.

Sontak, aksi Dembele di lapangan membuat banyak orang terkejut. Pemain sayap yang memiliki darah Pantai Gading dari kedua orang tuanya itu bergabung dengan Celtic pada usia 10 tahun setelah menimba ilmu di SSB Park Villa, Glasgow.

Meski lahir di London, Dembele tumbuh di Glasgow. Orang tuanya yang berimigrasi dari Pantai Gading ke Inggris pindah ke Skotlandia saat Dembele baru berusia 1 tahun. Dia memiliki kakak, Siriki Dembele, yang saat ini bermain untuk Peterborough United. Sementara sang adik, Hasan Dembele, masih menimba ilmu di Akademi Celtic. Satu-satunya anak perempuan di keluarga Dembele adalah Macoula Dembele, yang memilih kuliah hukum dan berprofesi sebagai model. 

Sebagai "anak ajaib", karier Dembele bersama Celtic meroket. Pada 24 Desember 2018, dia menandatangani kontrak profesional dengan klub elite Skotlandia tersebut dalam usia 15 tahun. Kontrak pertamanya itu akan berakhir pada musim panas 2021.

Lima bulan setelah menjadi pemain profesional, Dembele mendapatkan kesempatan membela tim senior Celtic. Pada 19 Mei 2019, dia merumput sebagai pengganti pada babak kedua saat melawan Heart of Midlothian. Hasilnya, Celtic menang 2-1 dan memastikan trofi juara Liga Skotlandia 2018/2019 dengan keunggulan sembilan poin dari runner-up.

Dengan postur hanya 160 cm, Dembele ibarat liliput diantara para raksasa. Namun, justru itulah kelebihannya. Dembele adalah pemain sayap yang sangat lincah. Dia mempunyai kecepatan dan dribel yang luar biasa dibanding pemain-pemain seusianya. Banyak yang menyebut Dembele mirip Lionel Messi. 

Akibatnya, Dembele menjadi target banyak klub sepak bola Eropa. Barcelona, Real Madrid, Arsenal, Manchester United, Manchester City, Juventus, hingga Paris Saint-Germain dirumorkan tertarik mengontrak Dembele.  

Selain itu, dia menjadi arena pertempuran tiga asosiasi sepak bola anggota FIFA. Lahir di London, Dembele memiliki hak untuk membela Inggris. Namun, dengan latar belakang keluarga, dia juga memiliki hak membela Pantai Gading. Masalah semakin rumit karena keluarganya kini menetap di Glasgow sehingga dirinya bisa membela Skotlandia. 

Kerancuan itu semakin menjadi setelah Dembele sempat bermain untuk dua timnas berbeda di level junior. Dia membela Skotlandia di U-16 dan U-17 serta Inggris di U-15 dan U-17.

"Saya rasa ketika dia lahir dia keluar dengan membawa bola dan memberi tahu bidan! Dari saat saya melihatnya, dia luar biasa. Dia kecil, tapi tidak memiliki rasa takut. Semuanya menjadi mudah baginya," kata salah satu pelatih Dembele di Villa Park, David Feeney, dikutip The Scottish Sun.

Kemampuan Dembele benar-benar membuat para pemandu bakat di sepakbola Skotlandia terkejut. "Dia mencetak sangat banyak gol untuk kami sehingga saya harus menempatkannya di bek kiri. Beberapa kali saya bercanda akan menukar dia dengan anak saya, Peter, dan menempatkannya di gawang!" kata Peter Paton, pelatih Dembele lainnya di Park Villa.

"Kami hanya mencoba mengajari dia kebiasaan baik. Kami hanya mengajarainya kapan harus menggiring bola, kapan tidak melakukannya. Kami juga harus menyuruhnya untuk berhenti mempermainkan orang-orang (dengan tekniknya) karena hal itu bisa menjadi masaklah di kemudian hari," tambah Paton.

Saat itu Celtic sudah memulai agenda kompetisi. Liga Skotlandia telah kick-off sejak 2 Agustus 2020 dan dalam daftar skuad yang diumumkan Neill Lennon terdapat nama Dembele. Dia didaftarkan sebagai pemain saya dengan nomor punggung 77. Dari dua pertandingan yang sudah dijalani Celtic di liga, Dembele bermain 5 menit saat mengalahkan Hamilton Academical 5-1.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network