Tim-tim Asia Tampil Mengejutkan di Piala Dunia 2022, Ini Kata Jose Mourinho

"Jose Mourinho turut mengamati pertandingan Piala Dunia.."

Analisis | 25 November 2022, 15:35
Tim-tim Asia Tampil Mengejutkan di Piala Dunia 2022, Ini Kata Jose Mourinho

Libero.id - Penampilan Arab Saudi yang mengalahkan Argentina dan Jepang yang mempermalukan Jerman, plus Korea Selatan yang menahan imbang Uruguay, ikut membuat Jose Mourinho berkomentar. Pelatih AS Roma itu menyebut sepakbola Asia bermain dengan semangat juang tinggi.

Salah satu yang membuat Jose Mourinho kaget adalah saat Jepang bermain heroik melawan Jerman.  Jepang sukses mengejutkan Jerman untuk memenangkan pertandingan pembuka Grup E dengan skor akhir 2-1.

Meski banyak orang kaget, ternyata Jose Mourinho sudah memperkirakannya. Pelatih Portugal itu menegaskan pemain Asia memiliki mentalitas yang sangat spesial. Mantan bos Chelsea, Manchester United, dan Tottenham Hotspur itu juga percaya bahwa sepakbola Eropa terlalu individualistis.

"Saya pikir saat ini di sepakbola Eropa ada fokus besar pada pemain dan ego. Saya tidak pernah melatih pemain Jepang, tapi saya pernah melatih pemain Asia," ujar Jose Mourinho, dikutip Sky Sports Italia. 

"Dalam kasus ini, saya beruntung karena saya telah melatih pemain terbaik Asia (Son Heung-min), dan saya mengerti bahwa mentalitasnya sangat spesial. Tim adalah hal yang paling penting. Orang bermain untuk tim. Mereka tidak bermain untuk diri mereka sendiri," beber Jose Mourinho.

Jose Mourinho melanjutkan dengan memuji pencapaian fantastis Asia di sepakbola. Dia menegaskan tim-tim Eropa tidak bisa memandang remeh kawasan itu lagi.

"Tentu saja, itu adalah pencapaian yang fantastis. Tapi, jujur saja, itu bukan kejutan yang gila. Jepang adalah tim yang bagus, memiliki pemain yang bagus, dan mendapat pengalaman di ajang ini. Mayoritas pemain mereka bermain di Eropa. Mereka berkembang lebih cepat dan mereka lebih memahami apa itu permainan tingkat tinggi," ujar Jose Mourinho.

"Itu bukan hanya Jepang. Mayoritas tim Asia telah berkembang lebih baik. Saya pikir mentalitas para pemain dan tim juga bisa membuat perbedaan," pungkas pelatih berusia 59 tahun.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network