Bukan Agenda FIFA, Alasan Malaysia Turunkan Tim Kedua di Piala AFF 2022

"Sombong! Memangnya Malaysia langganan Piala Dunia?"

Analisis | 24 November 2022, 06:22
Bukan Agenda FIFA, Alasan Malaysia Turunkan Tim Kedua di Piala AFF 2022

Libero.id - Tim nasional Malaysia memastikan tidak akan membawa skuad inti ke Piala AFF 2022. Alasannya, turnamen sepakbola antarnegara Asia Tenggara tersebut bukan agenda resmi FIFA, tidak bergengsi, dan bukan prioritas. Sombong!

Pelatih Malaysia asal Korea Selatan, Kim Pan-gon telah memanggil 41 pemain ke pemusatan latihan nasional mulai 29 November 2022. Akan ada pertandingan uji coba intermasional melawan Kamboja dan Maladewa sebelum tampil di Piala AFF 2022.

Namun, setelah diskusi dan kesepakatan bersama tercapai antara Asosiasi Sepakbola Malaysia (FAM), Kim Pan-gon, dan klub-klub yang terlibat, ada banyak pemain senior yang tidak akan ambil bagian. Pasalnya, Piala AFF 2022 bukan agenda resmi FIFA sehingga klub tidak berhak melepas pemain.

Mereka juga sepakat akan menampilkan pemain-pemain terbaik yang dimiliki Malaysia saat tampil di ajang resmi seperti Piala Asia 2023 atau Piala Dunia 2026 dan kualifikasinya.

Dasar kebijakan ini adalah aturan FIFA yang menyatakan klub tidak wajib melepas pemain di luar jeda internasional atau kompetisi, dan tidak wajib melepas pemain yang sama untuk lebih dari satu pertandingan final setiap tahun, dengan pengecualian terhadap peraturan ini dapat ditetapkan oleh Dewan FIFA hanya untuk Piala Konfederasi.

Berdasarkan aturan itu, 12 dari 41 pemain Harimau Malaya tidak akan dimasukkan ke skuad Piala AFF 2022. Jadi, hanya ada 29 pemain yang akan mengikuti TC. Bahkan, pemain yang akan bertanding di final Piala Malaysia 2022 diberikan izin keterlambatan hingga 5 Desember 2022.

Nantinya, Kim Pan-gon akan menyebutkan daftar final 23 pemain untuk Piala AFF 2022 setelah dua pertandingan uji coba yang dijalani.

"FAM berterima kasih kepada para pemain yang bersedia menerima panggilan timnas untuk pemusatan latihan ini, meski berada di luar agenda FIFA dan di penghujung musim yang panjang, yang bisa dimanfaatkan untuk berkumpul bersama keluarga," bunyi pernyataan resmi FAM di situsnya.

"FAM juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh klub yang terlibat atas persetujuan melepas para pemainnya sehingga memberikan kesempatan kepada para pemain yang bersangkutan untuk mengenakan jersey Harimau Malaya di Mitsubishi Electric AFF Cup 2022," bunyi pernyataan lanjutannya.

Dengan pengumuman ini, berarti Malaysia hanya akan menyertakan dua pemain Johor Darul Ta'zim (JDT) dari 18 pemain yang berstatus anggota Harimau Malaya. Kedua pemain adalah Safawi Rasid dan Ramadhan Saifullah.

Selain itu, pemain-pemain yang dipanggil tidak sepenuhnya anak muda. Mayoritas justru pemain senior yang selama ini jarang mendapatkan kesempatan bermain di timnas karena ada pemain-pemain dari JDT. Ada juga pemain naturalisasi Ezequiel Aguero.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network