Kisah Vinay Menon, Orang India di Belakang Layar Timnas Belgia

"Jika di Serbia ada orang Jepang, maka di India terdapat pria India. Unik!"

Biografi | 16 November 2022, 19:35
Kisah Vinay Menon, Orang India di Belakang Layar Timnas Belgia

Libero.id - India sangat terwakili di Piala Dunia 2022. Bukan di lapangan sebagai salah satu peserta, melainkan melalui perseorangan di posisi penting untuk tim nasional negara lain. Sosok yang dimaksud adalah Vinay Menon. Dia merupakan orang penting di belakang layar, di balik kesuksesan Belgia.

Sebagai salah satu tim dengan materi pemain bergelimang bintang, Belgia diunggulkan untuk bisa berbicara banyak selama turnamen digelar di Qatar.

Namun, untuk menujang penampilan orang-orang hebat seperti Kevin de Bruyne, Eden Hazard, Romelu Lukaku, atau Thibaut Courtois, Belgia membutuhkan staf jempolan di belakang layar. Salah satu yang dibutuhkan adalah orang yang ahli mengembalikan kebugaran pemain dalam waktu singkat.

"Saya merasa bangga mendapat kesempatan bersama tim nasional Belgia di Piala Dunia 2022. Saya sangat senang bisa mewakili India dan membuat negara saya bangga dengan cara saya sendiri," kata Vinay Menon, dilansir The Hindu.

Siapa Vinay Menon? Pria asli India itu merupakan salah satu asisten Roberto Martinez. Dia bekerja sebagai pelatih kebugaran The Red Devils. Dirinya bertanggung jawab atas strategi mental maupun pemulihan tubuh dan pikiran para pemain. Dia membantu mereka tampil di level optimal.

Keberadaan Vinay Menon di belakang layar Belgia tidak terlalu mengejutkan. Pasalnya, pria berusia 48 tahun itu bukan sosok asing di sepakbola Eropa. Sebelumnya, dia bekerja untuk Chelsea di Liga Premier. Dia menjadi salah satu anggota staf pelatih The Blues saat menjuarai Liga Champions 2011/2012 dan 2020/2021.

"India memang belum memiliki tim di Piala Dunia 2022. Tapi, saya harap semua orang India yang pergi ke Qatar untuk pertandingan akan datang dan mendukung Belgia," ujar Vinay Menon.

Vinay Menon memulai perjalanan karier di sepakbola dengan cara unik. Berasal dari Desa Cherai dekat Ernakulam, Kerala, dia menyelesaikan M.Phil di bidang pendidikan jasmani dari Universitas Pondicherry. Lalu, melanjutkan studi ilmu yoga di Institut Kaivalydhan di Pune, sebelum pindah ke Dubai sebagai instruktur di hotel bintang lima.

Ternyata, di Dubai, dia bertemu dengan Roman Abramovich ketika menginap di hotel tempatnya bekerja. Dari obrolan basa-basi, mantan pemilik The Blues itu menawarinya bekerja di London Barat.

"Jika Belgia, dengan populasi 11 juta, bisa lolos ke Piala Dunia, tidak ada alasan mengapa India dengan populasi 1,3 miliar tidak bisa. Saya percaya bahwa India dapat memainkan Piala Dunia pada 2030. Jika itu terjadi, saya sangat senang memberikan keahlian saya kepada tim nasional," ungkap Vinay Menon.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network