Mana yang Terbaik? Peringkat 5 Jersey Terbaik Italia di Piala Dunia

"Sayang, Italia hanya jadi penonton Piala Dunia 2022."

Biografi | 15 November 2022, 07:06
Mana yang Terbaik? Peringkat 5 Jersey Terbaik Italia di Piala Dunia

Libero.id - Italia adalah salah satu tim nasional paling sukses dalam sejarah Piala Dunia. Mereka telah mengangkat trofi bergengsi ini pada empat kesempatan berbeda. Sayangnya, untuk Piala Dunia 2022, Gli Azzurri hanya jadi penonton dari jauh sehingga suporter tidak perlu susah payah mencari jersey kebesaran mereka.

Sebagai salah satu negara sepakbola, Italia kerap memiliki desain jersey khusus yang digunakan di kompetisi-kompetisi internasional. Dengan warna khas biru, para pemain Italia selalu tampil modis di Piala Dunia. Mereka seperti sekumpulan model di panggung peragaan busana.

Dengan seragam-seragam yang keren, Gli Azzurri tidak jarang mengakhiri kompetisi dengan gelar juara. Beberapa lainnya tidak terlalu beruntung.

Nah, berikut ini peringkat 5 jersey terbaik Italia selama ikut Piala Dunia:

5. Piala Dunia 2006 (JUARA)

Italia mengakhiri penantian 24 tahun dengan Piala Dunia keempat pada 2006 di Jerman.  Italia memulai turnamen di Grup E bersama Ghana, AS, dan Republik Ceko. Mereka memuncaki grup dengan tujuh poin setelah mengamankan dua kemenangan dan sekali imbang.

Puncak penampilan Italia ada di final melawan Prancis. Pertandingan yang dikenal dengan insiden tandukan Zinedine Zidane ke dada Marco Materazzi itu tidak mampu menghentikan langkah Italia untuk menang adu penalti.

Kemenangan itu semakin lengkap karena Gli Azzurri mengenakan jersey Piala Dunia yang keren. Itu menampilkan warna biru yang ikonik. Kemudian, sponsor apparel serta nomor pemain ditempatkan di tengah berwarna emas.

4. Piala Dunia 1982 (JUARA)

Di Piala Dunia 1982, Italia mengangkat trofi untuk ketiga kalinya. Mereka mengalahkan Jerman Barat di final melalui penampilan gemilang Paolo Rossi, Marco Tardelli, dan Alessandro Altobelli. Uniknya, jersey Piala Dunia 1982 memiliki warna biru ikonik dengan lambang Italia di sisi kiri dada. Selain itu, ujung lengan dan kerahnya juga menampilkan warna bendera Italia.

3. Piala Dunia 1938 (JUARA)

Piala Dunia 1938 di Prancis menyaksikan dominasi Italia berlanjut saat berhasil mempertahankan trofi. Ketika itu, Italia memakai jersey yang mirip dengan seragam untuk turnamen empat tahun sebelumnya. Yang unik justru ada di final. Italia mengenakan versi serba hitam. Itu untuk menghindari bentrok dengan warna jersey sang lawan, Prancis.

2. Piala Dunia 1934 (JUARA)

Keikutsertaan kedua dari turnamen paling bergengsi di dunia sepak bola ini membuat Italia mengangkat trofi untuk pertama kalinya. Mereka mengalahkan Uni Soviet setelah melakukan thriller lima gol dalam skor akhir 3-2.

Di Piala Dunia 1934, Italia menggunakan jersey dengan desain yang sangat sederhana. Mereka menampilkan jersey warna biru dengan lengan panjang. Tapi, tidak ada lambang Italia seperti yang kita kenal sekarang. Di jersey itu menampilkan lambang Dinasti Savoia dan Dinasti Fasces. Saat itu, Italia diperintah oleh pemimpin fasis, Benito Mussolini.

1. Piala Dunia 1994 (RUNNER-UP)

Piala Dunia 1994 berlangsung di Amerika Serikat. Saat itu, tim asuhan Arrigo Sacchi memasuki turnamen sebagai salah satu tim kuat dengan pemain seperti Roberto Baggio, Gianfranco Zola, dan Antonio Conte.

Italia lolos dari babak grup di tempat kedua dengan empat poin setelah berjuang melawan Irlandia, Meksiko, dan Norwegia. Lalu, Italia meraih kemenangan 2-1 berturut-turut di babak 16 besar melawan Nigeria dan perempat final melawan Spanyol. Dan, di semifinal, Italia harus berhadapan dengan Bulgaria.

Sayang, langkah Italia dihentikan Brasil di final. Sejarah akan mencatatnya sebagai kegagalan Roberto Baggio menakhlukkan Claudio Tafarel dari titik penalti.

Tapi, Piala Dunia 1994 juga akan dikenang suporter terkait jersey Gli Azzurri yang keren. Itu menampilkan warna biru ikonik dengan pola holografik serta detail gaya pada manset yang mencerminkan warna bendera Italia. Kerah jadul juga merupakan sentuhan yang bagus.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network