Tidak Hanya Dokter, Physiotherapist Punya Peran Vital dalam Sebuah Tim

"Jeremiah Halomoan, physiotherapist Persija menjelaskan peranannya di tim."

Berita | 28 October 2022, 22:05
Tidak Hanya Dokter, Physiotherapist Punya Peran Vital dalam Sebuah Tim

Libero.id - Selain pelatih dan dokter, ada satu elemen lain dalam tim yang memiliki peran penting terkait kebugaran pemain. Adalah seorang physiotherapist sosok yang dimaksud.

Lantas seperti apa tugas physiotherapist di tim sepak bola? Lewat program Persija Healthy Way, Jeremiah Halomoan sebagai satu dari dua physiotherapist milik Persija akan menjelaskannya.

“Yang biasa diketahui dari seorang physiotherapist di olahraga itu seperti lari di lapangan, bawa es, dan bawa semprotan ajaib. Seorang sports physiotherapist tidak hanya itu saja. Bukan hanya lari-lari dan membawa semprotan yang dibilang teman-teman semprotan ajaib karena setelah disemprot pemain bisa berdiri lagi dan melanjutkan pertandingan,” tutur Jeremiah yang akrab dipanggil Jeje itu.

“Tugas sports physiotherapist itu banyak. Kalau di lapangan bisa dilihat melakukan penanganan cedera. Hal itu untuk memastikan kejadian di lapangan, seperti tabrakan dan lain-lain. Kami harus bisa memastikan pemain itu bisa melanjutkan permainan atau tidak. Kami yang membantu staf pelatih untuk memutuskan bahwa pemain ini bisa melanjutkan atau tidak,” katanya lagi.

Jeje pun menekankan bahwa tugas seorang physiotherapist bukan hanya saat pertandingan saja.

“Di luar itu masih banyak lagi. Kami harus mempersiapkan pemain sebelum bertanding. Contohnya kami harus melakukan perfection injury, seperti stretching dan penguatan. Kalau ada pemain yang mengalami cedera kami melakukan rehabilitasi cedera,” ucap Jeje yang baru musim ini bertugas di tim utama.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network