Masih Ingat? 5 Jebolan Gagal La Masia yang Diberi Debut Pep Guardiola

"Seangkatan Pique, Busquets, dan Thiago.."

Analisis | 20 October 2022, 13:41
Masih Ingat? 5 Jebolan Gagal La Masia yang Diberi Debut Pep Guardiola

Libero.id - Pada tahun 2008, Pep Guardiola mengambil alih Barcelona dan mempromosikan delapan pemain dari tim B yang dia kelola musim sebelumnya – tetapi di mana mereka sekarang?

Di musim panas pertamanya, Guardiola sibuk di bursa transfer, menjual pemain seperti Ronaldinho, Deco, Edmilson, Gianluca Zambrotta dan Lilian Thuram, sambil mendatangkan bintang masa depan Dani Alves, Seydou Keita dan Alexander Hleb.

Tapi bukan hanya siapa yang direkrut Guardiola yang membantu membentuk Barcelona menjadi tim yang layak memenangkan treble pertama mereka, para pemain jebolan La Masia pada gilirannya juga memainkan peran penting.

Nama-nama yang beken hingga kini antara lain Gerard Pique, Sergio Busquets,Thiago Alcantara, tapi bagaimana dengan mereka yang terbilang gagal? Dan inilah nama-nama itu:

1. Oier Olazabal

Sulit untuk Oier bersaing dengan Victor Valdes dan Jose Pinto. Kesempatan itu akhirnya datang di Copa Del Ray, di mana ia bermain imbang 2-2 di kandang melawan CD Alcoyano, tetapi penampilan berikutnya dan terakhirnya tidak datang sampai lebih dari setahun kemudian. Barca sudah memastikan gelar liga, saat ia menjaga gawang dalam kekalahan 2-1 di Mallorca.

Oier, yang pernah memperkuat Timnas Spanyol di level U-19, membuat 119 penampilan untuk Barca B dan akhirnya pindah ke Granada pada 2014. Dia kemudian dipinjamkan ke Real Sociedad setahun kemudian dan dipinjamkan lagi pada 2017 ke Levante, yang kemudian dia jalani untuk bergabung secara permanen.

Kiper berusia 33 tahun itu sekarang bermain untuk Pafos FC di Divisi Pertama Siprus.

2. Alberto Botia

Botia harus menunggu hingga pertandingan terakhir musim 2008-09 untuk mendapatkan kesempatan bermain di tim utama. Tiga hari setelah Barcelona menyelesaikan treble bersejarah mereka, tim harus menyelesaikan musim di Deportivo La Coruna, di mana Botia masuk sebagai pengganti Pique di akhir pertandingan dengan hasil imbang 2-2.

Pertandingan itu ternyata menjadi satu-satunya penampilan bek tengah itu sebelum dipinjamkan ke Sporting Gijon, yang dibuat permanen pada 2010.

Dia bergabung dengan Sevilla pada 2012, membuat 25 penampilan di musim pertamanya, tetapi dia menghabiskan tahun berikutnya dengan status pinjaman di Elche sebelum pindah ke Olympiakos pada 2014.

Botia menghabiskan empat tahun di Yunani, memenangkan tiga gelar liga, dan kemudian bergabung dengan Al-Hilal di 2018. Pria berusia 33 tahun itu tetap berada di Arab Saudi hari ini, pergi ke Al Wehda.

Simak 3 nama lainnya...


(gigih imanadi darma/gie)

Selanjutnya

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network