Di mana Sekarang? Starting XI Terakhir Arsenal di Liga Champions

"Tinggal satu yang masih bertahan di Emirates."

Feature | 12 October 2022, 18:00
Di mana Sekarang? Starting XI Terakhir Arsenal di Liga Champions

Libero.id - Sudah lima tahun Arsenal tidak merasakan panggung Liga Champions. Itu sangat kontras dengan 19 musim berturut-turut di bawah Arsene Wenger, di mana mereka berkompetisi di ajang bergengsi di Eropa tersebut.

Perjalanan itu berakhir pada 2017, ketika Arsenal asuhan Wenger menyelesaikan musim liga dengan selisih satu poin di luar empat besar. Mereka mungkin mengira bahwa hari-hari mereka di kompetisi top Eropa akan berakhir ketika mereka menderita kekalahan agregat 10-2 yang memalukan dari Bayern Muenchen di musim semi.

Itu adalah tahun ketujuh berturut-turut Arsenal saat tersingkir dari Liga Champions di babak 16 besar, dan ini menjadi yang terburuk dari semuanya. Jawara Bundesliga itu mengalahkan pasukan Wenger 5-1 di Bavaria sebelum bangkit dari ketinggalan untuk mencatatkan hal yang sama di Emirates.

Musim lalu, Arsenal bahkan tidak lolos ke kompetisi Eropa mana pun, tetapi Mikel Arteta tampaknya membuat The Gunners kembali ke jalurnya saat ini. Dengan delapan kemenangan dari sembilan pertandingan pembukaan Liga Premier, mereka diyakini akan finish di posisi empat besar dan kembali ke Liga Champions musim depan.

Tapi, apa yang terjadi dengan skuad Liga Champions terakhir Arsenal? Banyak yang berubah sejak saat itu. Dan, berikut ini adalah starting terakhir Arsenal saat bermain di Liga Champions.

#1 GK: David Ospina

Setelah menarik perhatian dengan serangkaian penampilan mengesankan saat membawa Kolombia ke perempat final Piala Dunia, Ospina bergabung dengan Arsenal dalam kesepakatan senilai 3 juta pounds (Rp 44 miliar) dari Nice.

Dia menghabiskan lima tahun di klub, tetapi berjuang untuk mempertaruhkan tempatnya di tim utama di belakang Petr Cech, meskipun dia menjadi pilihan pilihan Wenger di Eropa selama musim 2016/2017.

Setelah kedatangan Bernd Leno pada musim panas 2018, sang kiper bergabung dengan Napoli dengan status pinjaman dan menandatangani kontrak permanen setahun kemudian. Dia tetap menjadi pilihan utama di Stadio San Paolo setelah masuk dan keluar dari tim utama mereka di bawah Carlo Ancelotti, Gennaro Gattuso, dan Luciano Spalletti.

#2 RB: Hector Bellerin

Bellerin mengalami pasang surut selama di London sejak dia mulai menerobos skuad Arsenal pada 2014, sebagian besar karena cedera.

Bek sayap itu jatuh dalam urutan kekuasaan di bawah Arteta dan dipinjamkan ke Real Betis untuk menghidupkan kembali kariernya dan membuat ayahnya bahagia.

“Ayah saya sebenarnya mendukung Real Betis,” kata Bellerin kepada Mundial. “Dia dibesarkan di Sevilla, dan saya tumbuh sebagai penggemar Betis. Semua atribut bola pertama saya adalah Real Betis.”

Pinjaman itu berjalan cukup sukses, tetapi tidak cukup baik bagi Bellerin untuk kembali ke klub utamanya. Kontraknya diakhiri dengan persetujuan bersama pada hari batas waktu transfer dan memungkinkan sang bek untuk bergabung kembali dengan klub masa kecilnya, Barcelona.

#3 CB: Shkodran Mustafi

Ada suatu masa di mana pemain internasional Jerman dan pemenang Piala Dunia ini menikmati reputasi sebagai operator yang cukup solid di lini belakang.

Itu sangat berkurang selama lima tahun di Arsenal, ketika serangan lima gol dan ekspresi sedih bek tengah berjanggut itu menjadi semakin akrab.

Setelah menghabiskan setengah musim yang menyedihkan dengan status pinjaman di Schalke yang mengalami degradasi, Mustafi bergabung dengan Levante musim panas lalu. Levante juga mengalami degradasi, dan pemain berusia 30 tahun itu muncul di kasta kedua Spanyol saat ini.

#4 CB: Laurent Koscielny

Koscielny memiliki karier dan momen yang tidak bisa dilupakan saat tampil di final Piala Liga 2011. Dia adalah pelayan klub yang setia dan bisa sekokoh batu pada zamannya. Kemitraan yang dia jalin dengan Per Mertesacker mungkin menjadi yang terbaik yang dimiliki klub sejak masa kejayaan Sol Campbell dan Kolo Toure.

Tetapi, pada 2019, setelah sembilan tahun mengabdi dan lebih dari 350 penampilan untuk klub, dia meninggalkan sesuatu di bawah awan dengan menolak untuk melakukan tur pra-musim Amerika Serikat untuk memaksa pindah kembali ke Prancis. Dia mendapatkan keinginannya dengan bergabung dengan Bordeaux sampai dia pensiun awal tahun ini.

#5 LB: Nacho Monreal

Pemain Spanyol itu membuat 251 penampilan untuk The Gunners antara 2013 hingga 2020 dan tetap menjadi sosok populer berkat gaya permainannya yang berdedikasi. Tidak seperti Koscielny, dia menerima sambutan hangat saat berangkat ke Real Sociedad. 

Setelah hanya menjadi pemain cadangan selama bulan-bulan terakhirnya di Arsenal, dia menjadi lebih dari pemain reguler di tim utama San Sebastian dan pada 2021. Dia mengangkat trofi Copa del Rey bersama La Real, menambah trio Piala FA yang dia angkat dengan Arsenal. 

Monreal pensiun pada usia 36 tahun di musim panas setelah cedera yang membuatnya absen sepanjang musim lalu. 


(diaz alvioriki/yul)

Selanjutnya

Baca Berita yang lain di Google News




Hasil Pertandingan Arsenal


  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network