Bagaimana Kariernya? 6 The Next Zidane

"Nomor 1 kini terdampar di Uni Emirat Arab."

Analisis | 07 October 2022, 15:54
Bagaimana Kariernya? 6 The Next Zidane

Libero.id - Tak ada yang bisa melanjutkan kehebatan seorang Zinedine Zidane. Kalaupun ada, tidak akan sebanding atau sama persis. Apa yang Zidane torehkan sudah menjadi warisan dalam sepak bola Prancis.

Dan, pastinya sebuah kehormatan, namun terdapat tekanan yang lebih besar ketika seorang pesepakbola digadang-gadang sebagai The Next Zinedine Zidane.

Tentu saja, ada dan hanya akan ada satu Zizou, dan mantan pemain Liverpool dan Arsenal termasuk di antara mereka yang gagal memenuhi ekspektasi sebagai penerus Zidane.

Kami telah melihat kembali 6 pemain yang sempat digadang-gadang sebagai penerus Zidane, dan bagaimana mereka kemudian bernasib baik dalam karier masing-masing.

6. Mourad Meghni

Berkat darah Aljazair dan penampilannya dalam kemenangan Piala Dunia U-17 Prancis, Meghni lantas mengingatkan orang-orang kepada Zidane.

Namun, saat memutuskan pindah dari Cannes ke Bologna, Meghni gagal menemukan konsistensi dalam penampilannya, baik untuk Bologna atau kemudian bersama Lazio.

Setelah pindah kewarganegaraan ke Aljazair pada 2009, Meghni pindah ke Qatar dua tahun kemudian dan pensiun setelah meninggalkan klub Aljazair CS Constantine pada 2017.

5. Bruno Cheyrou

“Bruno memiliki sentuhan dan gaya yang sama dengan yang dimiliki Zidane. Ada banyak kesamaan di antara keduanya saat mereka menguasai bola," kata Gerard Houllier setelah menandatangani Cheyrou untuk Liverpool dari Lille.

“Perbedaannya adalah Zidane berusia 30 tahun dan memiliki banyak pengalaman. Sementara Bruno berusia 24 tahun dan bermain di luar negeri untuk pertama kalinya.”

Ternyata bukan itu satu-satunya perbedaan. Cheyrou membuat 48 penampilan yang sebagian besar tidak mengesankan di semua kompetisi untuk The Reds sebelum Houllier dikeluarkan. Gelandang itu kemudian mengikutinya, bergabung dengan Bordeaux dan Marseille dengan status pinjaman dan memainkan sebagian besar kariernya di Ligue 1.

Pada Januari 2022, mantan pemain Liverpool itu bergabung dengan Lyon untuk bekerja sebagai pemandu bakat dan penasehat teknis.

4. Anthony Le Tallec

Houllier seharusnya tahu lebih baik daripada membandingkan Cheyrou dengan Zidane, mengingat hanya setahun sebelumnya dia telah merekrut pemain lain yang berjuang untuk memenuhi ekspektasi seperti itu.

Le Tallec tiba pada musim panas 2001 dari Le Havre bersama sepupunya, Florent Sinama Pongolle, di tengah banyak harapan di Prancis setelah keduanya membintangi kemenangan negara itu di Piala Dunia U-17 musim panas itu.

Duo ini segera dipinjamkan kembali ke Le Havre selama dua tahun. Setelah mereka kembali, Houllier berusaha untuk mengurangi beberapa harapan, meskipun dia masih tidak bisa menahan diri: “Akan lebih baik baginya dan Florent untuk bermain di cadangan musim ini, sehingga mereka bisa terbiasa dengan sepak bola Inggris.”

“Tapi, di masa depan mereka berdua akan dilihat sebagai pemain penting. Ini hanya masalah waktu, saya bisa menjanjikan itu padamu,” timpal Houllier saat itu.

Le Tallec akhirnya mencetak satu gol dalam 32 pertandingan untuk Liverpool dan gagal tampil mengesankan selama masa pinjaman yang mengecewakan di Saint-Etienne, Sunderland, Sochaux, dan Le Mans, meskipun dia memberikan assist penting untuk Luis Garcia dalam awal yang mengejutkan melawan Juventus. La Tallec sempat meraih kejayaan Liga Champions pada 2005.

Pada September 2019, pada usia 34 tahun, dia menandatangani kontrak dengan klub amatir Prancis, Annecy, sebelum akhirnya mengakhiri karier bermainnya selama 20 tahun pada Mei 2021.

3. Yoann Gourcuff

Gourcuff adalah playmaker andal. Dengan penampilan awalnya bersama Rennes, AC Milan akhirnya kepincut untuk memboyongnya.

Dalam dua tahun di San Siro, Gourcuff menemukan fakta bahwa menggeser posisi Kaka adalah mustahil.

Namun, sekembalinya ke Prancis bersama Bordeaux, Gourcuff tampil segar kembali. Dia memenangkan penghargaan Pemain Terbaik Ligue 1 setelah menginspirasi tim untuk meraih gelar ganda di pentas domestik. L'Equipe bahkan menganggap dirinya sebagai “Le Successeur” Zidane.

“Saya merasa sakit ketika Zidane pensiun; menonton Gourcuff telah menyembuhkan saya,” adalah kata-kata Christophe Dugarry.

Tapi, Piala Dunia 2010 yang memalukan membuat Gourcuff diusir keluar lapangan setelah 25 menit dan sikapnya sekali lagi mendapat sorotan setelah dia gagal bersinar menyusul kepindahannya ke Lyon di mana performa dan kebugaran meninggalkannya.

Gourcuff meninggalkan Dijon pada Januari 2019 setelah cedera membuatnya hanya tampil delapan kali. 

2. Samir Nasri

Pemain lain yang menarik perhatian setelah membintangi Prancis U-17. Manajer Prancis junior saat itu, Philippe Bergeroo, mengatakan tentang Nasri setelah kemenangan mereka di Kejuaraan Eropa 2004: “Kefasihannya dalam penguasaan bola mengingatkan saya pada Zidane.”

Mantan pelatih Marseille, Albert Emon menambahkan: “Nasri memiliki kemampuan yang sama untuk membaca permainan seperti Zizou.”

Kesamaan keduanya juga terletak di mana keduanya berasal dari wilayah utara Marseille yang keras dengan orang tua berasal dari Aljazair.

Menjelang kepindahannya ke Arsenal pada 2008, Nasri ingin mengecilkan perbandingan: “Saya pikir orang terlalu cepat membuat perbandingan. Saya berusia 17 tahun dan baru memulai ketika saya mendengar orang memanggil saya Zidane masa depan. Saya terkejut, tetapi saya dengan cepat melepaskan diri dari semua itu.”

Setelah bermain untuk Arsenal dan kembali dengan mantan rekan setimnya di Manchester City, Vincent Kompany, di Anderlecht, sang gelandang hancur karena cedera pada musim 2019/2020 – di sanalah dia memutuskan untuk mengakhiri karier bermainnya.

1. Adel Taarabt

Berikut beberapa komentar pelatih tentang pemain yang satu ini. 

“Ketika dia datang ke sini, mereka memanggilnya Zidane. Dia belum berada di liga yang sama dengan Zidane karena dia jenius, tetapi suatu hari dia bisa berada di atas sana karena dia memiliki kemampuan itu” – Harry Redknapp. 

“Bahkan saat usianya 16, 17 tahun ketika dia datang ke Spurs, saya seperti berkata, 'Kami telah menemukan Zidane, kami telah menemukannya, kami memiliki Zidane, saya tidak percaya, kami telah menemukannya. Ini akan menjadi luar biasa!'” – Jermaine Jenas. 

Sementara itu, Taarabt mengatakan: 

“Saya berharap untuk menjadi seperti itu, tetapi itu adalah pendapat agen saya. Orang lain juga mengatakan ini. Saya hanya ingin mencapai level itu.” – Adel Taarabt. 

Dia sempat menjadi seorang gelandang bertahan di Benfica, hingga kini terdampar di Uni Emirat Arab bersama klub Al-Nasr SC.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network