5 Pemain Afrika Terbaik dalam Duel Der Klassiker

"Tinggal satu yang tersisa untuk unjuk kebolehan."

Analisis | 06 October 2022, 17:40
5 Pemain Afrika Terbaik dalam Duel Der Klassiker

Libero.id - Ketika Sadio Mane melangkah ke lapangan Signal Iduna Park untuk derby Der Klassiker pada Matchday 9 Bundesliga musim ini, sesungguhnya itu adalah momen awal untuk pembuktian bagi seorang pemain tim nasional Senegal tersebut.

Dalam sejarahnya, ada beberapa pesepakbola asal Afrika yang pernah bermain di laga klasik terbesar di Jerman tersebut. Di antara mereka inilah nama-nama yang dianggap terbaik.

1) Sadio Mane (2022-sekarang)

Klub: Bayern Muenchen

Posisi: Pemain sayap/ penyerang

Negara: Senegal

Mane belum membuat tanda di Der Klassiker, tetapi tidak bisa dihindari dia akan melakukannya cepat atau lambat. Pemain berusia 30 tahun itu menunjukkan selama enam tahun kariernya di Liverpool, dia memiliki bakat yang berguna untuk mencetak gol pada kesempatan-kesempatan besar: delapan gol dalam 16 pertandingan Liga Premier melawan Arsenal, tujuh dalam 16 pertandingan melawan Manchester City, enam di pertandingan yang sama dengan jumlah pertemuan dengan Chelsea, dan lima dalam 15 derby Merseyside dengan Everton.

Pemain Terbaik Afrika dua kali tahun ini mendapatkan medali Liga Premier, Liga Champions, Piala Dunia Antarklub, Piala Super Eropa, Piala FA, dan medali pemenang Piala Liga Inggris saat berada di Anfield. 

Itu semua menjadi modal berharga bagi Mane untuk bisa mencatatkan namanya dalam Derby Der Klassiker.

2) Pierre-Emerick Aubameyang (2013-2018)

Klub: Borussia Dortmund

Posisi: Depan

Negara: Gabon

Anthony Yeboah adalah orang Afrika pertama yang finish sebagai pencetak gol terbanyak Bundesliga ketika dia berbagi penghargaan top skorer pada 1992/1993. Dia mengulangi prestasi itu pada musim berikutnya – total dia mencetak 96 gol dalam 223 pertandingan untuk Eintracht Frankfurt dan Hamburg.

Namun, nama pemain Ghana itu tersingkir dari urutan terbaik ketika Aubameyang mencuri perhatian pada 2013.

Pemain tim nasional Gabon itu masih memegang rekor pencetak gol terbanyak di benua itu dengan 98 gol hanya dalam 144 pertandingan liga, 31 di antaranya terjadi pada musim 2016/2017 ketika dia menjadi orang Afrika pertama yang langsung memenangkan Torjagerkanone. Dia juga memenangkan Piala DFB musim itu setelah mencetak gol dalam kemenangan semifinal Dortmund 3-2 di Munich.

Dia juga mencetak gol dalam kemenangan semifinal Piala DFB 2014/2015 di Allianz Arena, tetapi Der Klassiker tidak selalu baik kepada penyerang Chelsea saat ini: Dia hanya mencetak dua gol dan merasakan kekalahan pada enam dari sembilan pertemuannya di Bundesliga kontra Bayern. 

Namun, salah satu dari dua kemenangan liganya patut dicatat – gol awalnya di Dortmund memberi pasukan Thomas Tuchel kemenangan 1-0 pada Matchday 11 pada November 2016. 

3) Samuel Kuffour (1993-2005)

Klub: Bayern Muenchen

Posisi: Bek

Negara: Ghana

Pemain ini merupakan salah satu bek tengah terbaik sepanjang masa Bundesliga. Dengan enam gelar Bundesliga dan empat kemenangan Piala DFB atas namanya, Kuffour adalah pemain sepak bola Afrika yang mengesankan dalam sejarah papan atas Jerman, dan dia menjadi pahlawan saat melawan Barcelona, diikuti dengan kemenangan adu penalti atas Valencia di final Liga Champions 2000/2001.

Kuffour, yang menamai putranya Munich untuk menghormati kota tempat dia bermain selama 12 tahun, mungkin membanggakan gelar terbanyak, tetapi dia bukan pemain Afrika pertama yang juara Bundesliga. Kehormatan itu diberikan kepada trio Dortmund, Ibrahim Tanko, Yahaya Mallam – keduanya dari Ghana – dan Marc Arnold kelahiran Afrika Selatan, yang menempati posisi puncak klasemen pada 1994/1995.

Tanko mencetak gol musim itu dalam usia 17 tahun dan 250 hari, dan tetap menjadi pemain Afrika termuda yang mencetak gol di Bundesliga.

4) Mohamed Zidan (2008-2012)

Klub: Borussia Dortmund

Posisi: Depan

Negara: Mesir

Zidan sebenarnya melakukan debutnya di Dortmund di Der Klassiker, bermain selama lebih dari satu jam dalam hasil imbang 1-1 pada Matchday 2 tak lama setelah kepindahannya dari Hamburg pada musim panas 2008.

Mantra pemain tim nasional Mesir itu memang bisa dikatakan tidak begitu sesuai ekspektasi, namun dia adalah pemain penting di balik dua medali pemenang Bundesliga Dortmund. 

Dia menyaksikan tiga kemenangan Klassiker Dortmund saat dia bersama mereka dari pinggir lapangan, kalah tiga dari empat pertemuan yang dia tampilkan di lapangan.

5) Pablo Thiam (2001-2003)

Klub: Bayern Muenchen 

Posisi: Bek 

Negara: Guinea 

Meskipun lahir di ibu kota Guinea, Conakry, Thiam dibesarkan di Jerman di mana ayahnya adalah seorang diplomat di bekas ibu kota Bonn. Penampilannya di Cologne dan kemudian VfB Stuttgart membuatnya pindah ke Bayern hingga memastikan gelar Piala Dunia Antarklub dan gelar Bundesliga. 

Dia mencatatkan 310 penampilan Bundesliga sepanjang kariernya – rekor Afrika di sepak bola Jerman – tetapi hanya 16 yang datang untuk Bayern, dan hanya satu di Der Klassiker: Dia keluar dari bangku cadangan saat tim Ottmar Hitzfeld menang 2-0 di kandang Dortmund pada Matchday 5 musim 2001/2002. 

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network