Kisah Gareth Bale dan Giorgio Chiellini Sumbang Trofi Meski Baru 3 Bulan di MLS

"Masih ada lagi piala yang disumbang pada akhir bulan ini. Gokil!"

Analisis | 03 October 2022, 14:00
Kisah Gareth Bale dan Giorgio Chiellini Sumbang Trofi Meski Baru 3 Bulan di MLS

Libero.id - Keputusan Los Angeles FC mendatangkan Giorgio Chiellini dan Gareth Bale untuk memulai karier baru di Major League Soccer (MLS) tampaknya tepat. Baru tiga bulan bermain di kompetisi, The Angels sudah mendapatkan piala berkat kerja keras dua mantan pemain terkenal Eropa itu.

Giorgio Chiellini dan Gareth Bale datang pada Juli 2022 tak lama setelah kompetisi di Eropa berakhir. Keduanya datang dengan ekspektasi besar para penggemar.

Hasil kehadiran Giorgio Chiellini dan Gareth Bale berdampak cukup bagus. Catatan menunjukkan, Los Angeles FC telah memenangkan sembilan dari 14 pertandingan MLS sejak debut Gareth Bale pada Juli 2022. Dalam rentang waktu itu, mereka hanya bermain imbang satu kali.

Puncak kesuksesan instan Los Angeles FC dengan Giorgio Chiellini dan Gareth Bale adalah keberhasilan mendapatkan Supporters' Shield 2022 setelah mengalahkan Portland Timbers 2-1. Itu merupakan trofi kedua klub dalam empat tahun.

Dalam konteks MLS, Supporters' Shield adalah piala yang diberikan kepada tim yang memuncaki klasemen reguler secara total. Los Angeles FC punya 67 poin dari 33 pertandingan. Mereka unggul tiga poin dari Philadelphia Union dan lima poin dari Montreal CF.

Sebagai juara Supporters' Shield sekaligus memuncaki klasemen Wilayah Barat, Los Angeles FC akan langsung lolos ke semifinal play-off. Mereka akan memainkan seluruh pertandingan play-off MLS di kandang. Dan, yang paling penting, keberhasilan ini membuat Los Angeles FC mendapatkan satu tiket otomatis ke Liga Champions CONCACAF.

Los Angeles FC akan mengakhiri musim reguler melawan Nashville SC pada Minggu (9/10/2022) sebelum berjuang di play-off untuk mendapatkan gelar Piala MLS.

Berbeda dengan liga-liga di Eropa pada umumnya, sistem MLS meniru NBA. Klub dibagi dalam dua wilayah (Conference) dengan masing-masing berisi 14 tim. Semua klub bermain 34 kali dengan 17 kandang dan 17 tandang. Mereka bertemu dua kali dengan tim di setiap wilayah (26 pertandingan) dan delapan kali melawan klub beda wilayah.

Di akhir musim reguler, 14 tim lolos ke play-off dengan dua pemuncak klasemen wilayah langsung mencapai semifinal. Tim dengan poin terbanyak di fase reguler mendapatkan Supporters' Shield. Sementara pemenang play-off mengoleksi Piala MLS.

(mochamad rahmatul haq/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network