Peringkat 5 Pemain Termuda di Piala Dunia

"Tiga pemain asal Kamerun."

Analisis | 03 October 2022, 04:41
Peringkat 5 Pemain Termuda di Piala Dunia

Libero.id - Hanya sedikit pemain yang terpilih mewakili negaranya untuk bermain di ajang Piala Dunia, bahkan sampai dengan mereka pensiun. Namun, beberapa pesepakbola mendapatkan kesempatan untuk bersinar di pentas paling bergengsi itu pada usia yang sangat muda.

Berkat riset dari The Analyst, lima pemain ini diketahui sebagai pemain termuda yang pernah bermain di Piala Dunia.

5. Pele

Salah satu pesepakbola paling ikonik sepanjang masa memulai daftar ini,  legenda Brasil itu membuat debut Piala Dunia pada usia 17 tahun dan 234 hari dan masih memegang sejumlah rekor hingga hari ini.

Pele adalah satu-satunya pemain yang telah memenangkan tiga Piala Dunia, melakukannya pada 1958, 1962, dan 1970. Pele masih memegang rekor assist (10) dan gol terbanyak bersama (3).

Pria yang kini berusia 81 tahun itu mencetak 12 gol dalam 14 pertandingan Piala Dunia. Itu menempatkannya di peringkat lima dalam daftar pencetak gol sepanjang masa di turnamen tersebut.

4. Salomon Olembe

Pemain berikutnya dalam daftar, Salomon Olembe, pertama kali muncul untuk Kamerun di Piala Dunia 1998 pada usia 17 tahun dan 184 hari.

Olembe mencatatkan assist dalam pertandingan pertamanya dalam kemenangan 1-0 atas Burkina Faso, dan turnamen 1998 terbukti menjadi kisahnya yang paling sukses.

3. Femi Opabunmi

Femi Opabunmi menyalip Olembe di Piala Dunia berikutnya, melakukan debutnya melawan Inggris pada usia 17 tahun dan 100 hari pada 2002.

Selama tahap awal kariernya, dia telah menarik minat dari klub-klub elite seperti Manchester United dan Arsenal. Tetapi, dalam empat tahun debutnya di Piala Dunia, dia terpaksa pensiun setelah menderita glaukoma yang membuatnya buta di satu mata.

2. Samuel Eto'o

Samuel Eto'o membuat penampilan pertamanya di panggung Piala Dunia enam hari sebelum rekan senegaranya Olembe. Eto’o melakukan debut pada usia 17 tahun dan 98 hari.

Penyerang ikonik itu bahkan tampil di empat Piala Dunia untuk negaranya, mencetak tiga gol dalam delapan pertandingan.

Sementara Kamerun tidak pernah lolos dari babak penyisihan grup, Eto'o membantu negaranya memenangkan medali Emas Olimpiade dan dua Piala Afrika.

1. Norman Whiteside

Nama terakhir adalah pemain termuda yang pernah tampil di Piala Dunia. Dia adalah pemain Irlandia Utara, Norman Whiteside, yang dibandingkan dengan George Best sebelum cedera membatasi kariernya. 

Mantan bintang Manchester United itu tampil di Piala Dunia melawan Yugoslavia pada 1982 di usia 17 tahun 40 hari. 

Sementara gol tunggalnya di Piala Dunia tidak datang sampai turnamen 1986. Dia menjadi pemain termuda yang menerima kartu kuning dalam sejarah Piala Dunia pada debutnya. 

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network