Mungkinkah Belanda Juara Piala Dunia 2022? Ini Analisisnya

"Tidak ada yang tidak mungkin di sepakbola."

Analisis | 28 September 2022, 09:43
Mungkinkah Belanda Juara Piala Dunia 2022? Ini Analisisnya

Libero.id - Virgil van Dijk percaya Piala Dunia 2022 bisa menjadi momen yang sangat istimewa bagi tim nasional Belanda. Alasannya, De Oranje pergi ke Qatar dengan penuh percaya diri.

Pasukan Louis van Gaal melakoni laga praturnamen terakhir pada Minggu (25/9/2022). Saat itu, Virgil van Dijk mencatatkan gol internasional yang langka untuk membantu menyingkirkan Belgia dari UEFA Nations League 2022/2023. Belanda akan menuju ke semifinal kompetisi itu pada musim panas tahun depan.

Keberhasilan mencapai fase knock-out UEFA Nations League tampaknya membuat para pemain Belanda percaya diri. Mereka merasa potensi De Oranje memenangkan Piala Dunia 2022 sangat besar.

"Kami akan pergi ke Piala Dunia dengan perasaan yang baik (akibat kemenangan atas Belgia). Kami menjaga clean sheet dan menang. Kami akan melakukannya. Kami akan memberikan segalanya. Mudah-mudahan ini akan menjadi Piala Dunia yang spesial," kata Virgil van Dijk, dilansir Sky Sports.

Virgil van Dijk memainkan 49 laga internasional untuk Belanda saat bertemu Belgia. Artinya, dia akan memiliki 50 caps pada pertandingan pembuka Piala Dunia 2022 melawan Senegal pada 21 November 2022.

Tapi, pertanyaannya, apakah klaim Virgil van Dijk dapat dipertanggung jawabkan? Mungkinkan Belanda mengakhiri kutukan tiga kali runner-up Piala Dunia dengan menggelar pesta kemenangan di Qatar?

Jika dasarnya adalah fase grup, tampaknya Belanda tidak akan menemui hambatan berarti untuk sekedar tampil di babak 16 besar. Di fase knock-out pertama, Belanda akan bertemu utusan Grup B yang berisi Inggris, Wales, Amerika Serikat, dan Iran. Di sinilah tantangan besar akan dihadapi Belanda.

Selain itu, kemampuan para pemain Belanda untuk melangkah jauh masih bisa diperdebatkan. Tampaknya, Louis van Gaal tidak akan jauh dari orang-orang seperti Steven Bergwijn, Cody Gakpo , Vincent Janssen, Memphis Depay, dan Wout Weghorst di lini depan.

Lalu, untuk sektor tengah, Belanda bakal mengandalkan Steven Berghuis, Davy Klaassen, Marten de Roon, Kenneth Taylor, Ryan Gravenberch, Frenkie de Jong, atau Donny van de Beek.

Di belakang, Virgil van Dijk jadi pemimpin skuad. Bek Liverpool itu ditemani Jurrien Timber, Matthijs de Ligt, Nathan Ake, Stefan de Vrij, Devyne Rensch, Tyrell Malacia, Daley Blind, Denzel Dumfries, atau Bruno Martins Indi. Dan, di bawah mistar, ada Remko Pasveer, Jasper Cillessen, Mark Flekken, atau Andries Noppert.

Meski merupakan pemain-pemain bagus, secara teknis mereka masih harus diuji. Pasalnya, tidak banyak pemain Belanda saat ini yang menjadi andalan di tim-tim besar Eropa layaknya era Arjen Robben, Wesley Sneijder, Dirk Kuyt, dan Robin van Persie.

(diaz alvioriki/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network