Timnas Sepak Bola Amputasi Dapat Dukungan Penuh, Ini Kata Kemenpora

"Semoga bisa memberikan hasil terbaik di Turki..."

Viral | 22 September 2022, 03:13
Timnas Sepak Bola Amputasi Dapat Dukungan Penuh, Ini Kata Kemenpora

Libero.id - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali memastikan pemerintah memberikan dukungan penuh bagi tim nasional sepak bola amputasi yang akan berlaga dalam Piala Dunia Sepak Bola Amputasi 2022 di Istanbul, Turki, 1-9 Oktober mendatang.

Menpora bahkan menegaskan bahwa dukungan tersebut sudah berlangsung sejak sebelum rencana keberangkatan ke Piala Dunia, demikian ia menyampaikan setelah mendampingi Presiden Joko Widodo menerima timnas sepak bola amputasi dan jajaran pengurus Persatuan Sepak Bola Amputasi Indonesia (PSAI) di Istana Negara, jakarta, Rabu.

"Tentu kita dukung penuh mulai dari pemusatan latihannya, kemudian juga untuk pemberangkatannya kita 'support' itu," ujar Amali seperti dilansir dari Antara.

Menpora bahkan mengungkapkan bahwa Presiden secara khusus juga memberikan uang saku tambahan bagi timnas sepak bola amputasi untuk perjalanan ke Turki.

"Tadi Pak Presiden secara spontan beliau memberikan sangu untuk para pemain dan juga ofisial," katanya.

Dalam kesempatan terpisah, saat menerima timnas sepak bola amputasi, Presiden Jokowi menyebutkan bahwa uang saku tambahan yang diberikan sebesar Rp500 juta.

Kepala Negara juga sempat menjanjikan bonus susulan apabila timnas sepak bola amputasi bisa berprestasi di Turki.

Dukungan pemerintah yang dipastikan oleh Menpora itu tentunya menjadi angin segar bagi timnas sepak bola amputasi Indonesia yang sempat harus berdaya secara swadaya dan mengandalkan donatur kala tampil dalam fase kualifikasi zona Asia Timur di Bangladesh pada Maret lalu.

Kala itu Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Amputasi Indonesia (PSAI) Yudhi Yahya kala itu sempat menceritakan perjuangan timnas sepak bola amputasi.

"Dua pekan sebelum berangkat ke Bangladesh ada beberapa donatur yang membantu terkait akomodasi bus dan memfasilitasi latihan di lapangan MPR/DPR selama satu pekan," katanya pada Maret lalu.

"Secara umum kami masih melakukan pembinaan secara swadaya dan kolektif dari para donatur dan sponsor untuk jersey timnas dan sepatu," ujar Yudhi menambahkan.

Kendati penuh keterbatasan, timnas mampu mencetak tiket putaran final Piala Dunia Sepak Bola Amputasi 2022 berkat dua kemenangan dalam tiga pertandingan di fase kualifikasi.

Selain dari pemerintah, dukungan bagi PSAI juga datang dari pihak swasta. Perusahaan elektronik Sharp Indonesia menyalurkan donasi sebesar Rp208 juta pada Agustus lalu hasil penjualan merchandise eksklusif timnas sepak bola amputasi.

Di Piala Dunia nanti, Indonesia tergabung dalam Grup C yang relatif berat, di mana mereka akan bertemu Argentina, Amerika Serikat, dan Inggris.

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network