Analisis Granit Xhaka Jadi Pahlawan Setelah Dimusuhi Fans Arsenal

"Rahasia di balik keberhasilannya."

Analisis | 20 September 2022, 23:30
Analisis Granit Xhaka Jadi Pahlawan Setelah Dimusuhi Fans Arsenal

Libero.id - Granit Xhaka sempat memiliki hubungan kurang baik dengan penggemar Arsenal pada 2019. Namun, mereka sekarang menyanyikan namanya lagi berkat Mikel Arteta.

Jika ada indikator seberapa baik keadaan di puncak klasemen Arsenal saat ini, itu terjadi pada akhir kemenangan 3-0 melawan Brentford pada Minggu (18/9/2022).

Peluit penuh waktu baru saja dibunyikan dan para pemain The Gunners mendatangi penggemar yang datang ke Stadion Gtech Community. Mereka sengaja merayakan kemenangan keenam dalam tujuh pertandingan Liga Premier musim ini.

“Kami punya Granit Xhaka, kami punya Granit Xhaka. Kami punya Granit Xhaka, kami punya Granit Xhaka!”

Itu adalah lagu yang dinyanyikan di akhir pertandingan yang menggembirakan ketika pasukan Arteta berdiri di depan para penggemar Arsenal, melambai, bertepuk tangan, dan mengungkapkan rasa terima kasih mereka atas semua dukungan.

Bagi Xhaka, itu adalah momen besar. "Ini adalah hari yang sangat istimewa bagi saya," akunya setelah itu dalam pesan emosional yang dia kirimkan melalui akun Twitter Arsenal.

“Untuk mendengar apa yang terjadi, (bagimu) menyanyikan lagu untukku. Terima kasih."

Bagi sebagian besar pemain, dihibur oleh penggemar Anda sendiri bukanlah hal baru. Namun, dalam hal hubungannya dengan suporter Arsenal, perasaan Xhaka pastinya tidak biasa.

Memang, fakta bahwa dia sekarang menerima pujian dari orang tentang kualitas penampilan yang dia tunjukan musim ini.

Setelah enam tahun yang penuh peristiwa di Arsenal, ini adalah musim yang membuat banyak orang merasa pemain internasional Swiss itu akhirnya akan diturunkan di setiap starting XI, terutama dengan perubahan sistem yang diperkenalkan oleh Arteta. Perubahan itu membuat Xhaka bermain di lini tengah yang jauh lebih maju daripada biasa.

Sebaliknya, dia telah memperkuat tempatnya di tim dengan serangkaian penampilan yang luar biasa. Seorang pemain yang sebelumnya dipandang sebagai bencana, sekarang tidak dapat dijatuhkan.

Dia tampil luar biasa melawan Brentford di kedua ujung lapangan, membentuk penghalang yang hampir tidak bisa ditembus di depan empat bek bersama Thomas Partey. Xhaka juga memainkan peran utama di sepertiga akhir.

Assist Xhaka untuk gol Gabriel Jesus adalah assist ketiganya di Liga Premier musim ini. Hanya Bukayo Saka (3) yang memiliki assist yang menyamai dirinya.

“Sepanjang waktu, dia berusaha menemukan saya,” kata Jesus setelah pertandingan. “Itu adalah bola yang bagus, umpan silang yang bagus."

“Saya sangat senang bermain dengannya. Dia cerdas dan juga pemain berkualitas.”

Statistik Xhaka musim ini menunjukkan betapa dia menikmati kebebasan baru yang dia miliki di dalam tim. Dia mencetak satu gol dan tiga assist hanya dalam tujuh pertandingan. Dia juga telah menciptakan 14 peluang dan memiliki 25 sentuhan di dalam kotak, itu hanya 12 lebih sedikit dari yang dia lakukan selama musim 2021/2022.

Tidak ada pemain Arsenal yang melakukan intersep lebih banyak daripada Xhaka. Dia juga telah memenangkan penguasaan bola 33 kali dalam tujuh pertandingan, hanya dua pemain yang lebih banyak merebut bola.

Jadi, untuk apa Arteta menempatkan level kinerja baru ini? "Konsistensinya," kata manajer Arsenal setelah kemenangan atas Brentford.

“Bagaimana dia menjalani setiap hari, bagaimana dia belajar melalui momen-momen berbeda dalam kariernya, dan kesediaannya dari waktu ke waktu untuk tetap rendah hati, dan melihat ke depan untuk mencoba menjadi lebih baik."

“Ketika Anda melakukan itu, biasanya hal-hal baik terjadi.”

“Saya pikir dia sekarang merasakan cinta dan rasa hormat yang berjalan dua arah. Anda melihat pendukung kami dan cara mereka bernyanyi untuknya. Itu membuatnya emosional," timpal Arteta.

“Itu membuatnya termotivasi untuk memberi lebih banyak lagi dan saya sangat senang. Menurut saya, dia sepenuhnya layak mendapatkannya.”

Jika bukan karena Arteta, Xhaka pasti sudah meninggalkan Arsenal sejak lama. Gelandang itu secara terbuka mengakui bahwa dia telah mengemas tasnya dan siap untuk kembali ke Jerman setelah pertengkaran yang dia alami dengan para penggemar Arsenal selama pertandingan dengan Crystal Palace pada Oktober 2019.

Xhaka adalah kapten pada saat itu dan ban kaptennya dilepas oleh mantan bos Unai Emery setelah insiden tersebut, yang membuat Xhaka dengan marah mengatakan kepada para pendukung Arsenal 'f*ck off' saat mereka mencemoohnya di luar lapangan saat dia digantikan. 

 

Tampaknya tidak ada jalan untuk kembali dan tidak akan ada Emery yang bertahan di klub. Tapi, Arteta segera datang dan meyakinkan Xhaka untuk tetap tinggal. 

Itu hampir tiga tahun yang lalu dan jalan untuk memaafkan fanbase tidaklah mudah. Namun, Xhaka bukanlah pemain yang akan menghindar dari tantangan. Ada rintangan di sepanjang jalan, termasuk dua kartu merah musim lalu, tetapi gelandang itu sekarang dihormati seperti yang pernah dia alami di London Utara.

(diaz alvioriki/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network