8 Pemain Piala Dunia 2002 Masih Aktif pada 2022

"Dua sosok berasal dari Jepang."

Analisis | 19 September 2022, 17:08
8 Pemain Piala Dunia 2002 Masih Aktif pada 2022

Libero.id - Piala Dunia 2002 sudah lama berlalu, tepatnya lebih dari 10 juta menit jika kita menghitungnya. Namun, percaya atau tidak, beberapa pemain yang mengikuti turnamen (Jepang-Korea Selatan) itu masih bermain secara profesional sampai 2022.

Dibutuhkan sesuatu yang sangat istimewa untuk mencapai prestasi ini.

Kami telah memilih delapan pemain yang – sejauh yang kami tahu – adalah satu-satunya dari turnamen di Jepang dan Korsel yang masih bermain sebagai pesepakbola aktif.

1. Gianluigi Buffon

Penjaga gawang asal Italia ini adalah ikon sepak bola yang tak lekang oleh waktu. Dan, luar biasanya, Piala Dunia 2002 bukan turnamen pertamanya.

Dia pernah ke turnamen 1998 di Prancis saat berusia 20 tahun sebagai opsi cadangan untuk Gianluca Pagliuca, tetapi dia tidak bermain.

Namun, pada 2002, dia memantapkan diri sebagai pilihan pertama sebelum Euro 2000. Tapi, Piala Dunia pertama Buffon tidak berjalan sesuai rencana. Italia tersingkir di babak 16 besar oleh gol emas perpanjangan waktu Korea Selatan, meskipun Buffon menyelamatkan penalti kontroversial di waktu normal.

Tidak perlu khawatir. Dia memenangkan hal itu empat tahun kemudian sebagai pahlawan adu penalti di final dan telah mengumpulkan 11 gelar liga, puluhan penghargaan domestik lainnya, dan Piala UEFA dalam karier yang berkilauan.

Dia sekarang kembali ke Parma, di mana semuanya dimulai pada pertengahan 90-an. Pada usia 44 tahun, dia tetap menjadi No.1 mereka.

2. Joaquin

Dia waktu itu baru berusia 20 tahun dan ditugaskan untuk mengambil penalti keempat dalam babak eliminasi perempat final kontroversial Spanyol kontra Korea Selatan. Sepakannya gagal, tetapi mengingat dia mengalami cedera dan sangat tidak berpengalaman, dia mungkin seharusnya tidak dibebani dengan tanggung jawab sebesar itu sejak awal.

Bagaimanapun, sekarang berusia 41 tahun, Joaquin memimpin klub masa kecilnya Real Betis ke Copa del Rey 2022, trofi besar pertama klub sejak dia membantu mereka meraih gelar yang sama pada 2005.

3. Junichi Inamoto

Pemain yang pernah menjalami pinjaman yang sangat singkat di Arsenal dan menjalankan tugas di Fulham dan West Brom.

Memang, dia baru saja dibebaskan oleh Arsenal ketika turnamen dimulai – dan mereka mungkin sedikit menyesali keputusan itu karena dia mencetak dua gol dari lini tengah melawan Belgia dan Rusia di babak grup. Setelah waktunya di Inggris dan kariernya di Turki, Jerman dan Perancis, Inamoto kembali ke tanah airnya pada 2010. Inamoto telah bermain di Liga Jepang sejak itu.

4. Shinji Ono

Lahir hanya sembilan hari setelah Inamoto, rekan setim internasionalnya berada di Feyenoord pada saat Piala Dunia 2002. Sejak itu, dia bermain di Jerman, Australia, serta negara asalnya, Jepang.

Tidak seperti Inamoto, dia tidak turun divisi. Ono bermain untuk Hokkaido Consadole Sapporo di Liga J1, meskipun dia jarang digunakan.

5. Bartholomew Ogbeche

Sekarang berusia 37 tahun, Ogbeche telah menghabiskan empat tahun terakhir bermain di Liga Super India.

Namun, pada 2002, dia adalah seorang wonderkid berusia 17 tahun dan dimasukkan secara mengejutkan dalam skuad Nigeria. Dia bermain untuk PSG pada saat itu dan telah melakukan debut profesionalnya musim tersebut.

Dia tidak pernah menetap di klub Paris. Dia bergabung dengan klub Liga Pro UEA, Al Jazira, setelah dua pinjaman. Dari sana, kariernya menjadi benar-benar nomaden dan dia bermain untuk 12 klub lebih lanjut di lima negara, termasuk satu tahun dengan Middlesbrough pada 2011/2012.

6. Roque Santa Cruz

Sebagai bagian dari skuad Paraguay  pada 2002, yang juga termasuk penjaga gawang Jose Luis Chilavert yang mencetak gol.

Santa Cruz akhirnya mengumpulkan 132 caps dan pergi ke dua Piala Dunia lagi.

Tahun ini, dia membuat langkah kontroversial dari Olimpia, klub tempat dia membuat namanya di era 90-an dan tempat dia menghabiskan enam tahun terakhir ke rival Asuncion, Libertad.

Dia memulai derby melawan Olimpia pada awal Mei lalu.

7. Carlos Kameni

Kiper Kamerun ini memenangkan medali emas Olimpiade saat berusia 16 tahun pada 2000 dan merupakan bagian dari skuad senior negaranya yang pergi ke Piala Dunia dua tahun kemudian.

Dia tidak bermain karena Kamerun tersingkir di babak penyisihan grup, tetapi dia kembali ke panggung termegah sepak bola pada 2010 dan menjadi starter di gawang. Manajer Paul Le Guen lebih memilih Souleymanou Hamidou dan Kameni kembali menyaksikan Kamerun tereliminasi di awal.

Di level klub, dia membuat dirinya menjadi andalan di Spanyol. Pertama bersama Espanyol, di mana dia memenangkan Copa del Rey dan membantu mereka ke final Piala UEFA, kemudian dengan Malaga sebagai bagian dari skuad yang mencapai perempat final Liga Champions.

Dia sekarang berada di UE Santa Coloma di Andorra setelah bermain bersama Arta/Solar 7 di Djibouti, di mana dia bermain bersama mantan rekan setimnya di skuad internasional, Alex Song.

8. Zlatan Ibrahimovic

Pemain asal Swedia bertubuh besar itu masih terus melaju hingga sekarang, masih mencetak gol (kadang-kadang), dan masih meningkatkan dirinya dengan fisik yang luar biasa.

Mungkin semuanya akan berbeda jika dia bergabung dengan QPR saat remaja, untungnya Ibrahimovic tetap di Ajax Amsterdam saat itu.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network