Jelaskan Cara Melakukan Passing Bawah dalam Bola Voli

"Passing bawah wajib dikuasai pemain sebelum teknik lainnya."

Analisis | 14 September 2022, 15:10
Jelaskan Cara Melakukan Passing Bawah dalam Bola Voli

Libero.id - Dalam permainan bola voli, passing bawah menjadi salah satu teknik dasar yang wajib dikuasai para pemain. Teknik ini sangat diperlukan ketika pemain menerima servis dari lawan. Teknik ini juga merupakan upaya pemain untuk mengoper bola ke rekan setim saat melakukan serangan dengan menggunakan lengan bawah.

Passing bawah merupakan teknik dasar permainan bola voli yang menjadi awal dari sebuah penyerangan. Teknik ini digunakan untuk menerima servis, spike, memukul bola setinggi pinggang ke bawah yang memantul dari net.

Dengan fakta-fakta tersebut, tidak berlebihan jika mengatakan passing bawah harus dikuasai oleh para pemain bola voli sebelum teknik lainnya. Pasalnya, passing bawah akan sangat berguna untuk menyambut bola servis, lalu mengoper kepada toser dalam memberi umpan yang baik bagi smasher.

Pada umumnya, passing adalah mengumpan bola pertama setelah menerima bola dari pihak lawan. Passing merupakan titik awal sebuah penyerangan, sehingga harus dilakukan dengan baik.

Bila bola hasil passing jelek, pengumpan akan mengalami kesulitan untuk menempatkan bola yang terbaik bagi para penyerang, Passing bawah dalam bola voli merupakan keterampilan penerimaan dan operan bola yang paling mudah dan aman, terutama untuk siswa sekolah dasar sebagai pemula dalam permainan bola voli.

Tahapan melakukan teknik passing bawah:

1. Sikap Permulaan

Pertama ambil sikap siap normal dalam posisi: kedua lutut ditekuk dengan badan sedikit bungkuk ke depan. Berat badan bertumpu pada kedua kaki, sikap sedikit jongkok sambil membuka kaki, kedua tangan rapat dan terjulur lurus. Sikap tubuh merendah, kedua lengan bawah seperti mengangkat, sikap tangan saling terkait.

2. Sikap saat Perkenaan

Ayunkan kedua lengan ke arah bola dengan sumbu gerak 17 pada sendi bahu dan siku dalam keadaan lurus. Bola pada lengan bawah di atas pergelangan tangan di bawah siku, lengan diayunkan dan diangkat untuk mengarahkan bola.

3. Sikap Akhir

Gerakan lanjutan setelah ayunan lengan mengenai bola. Lalu kembali dengan sikap siap normal.

Cara melalukan passing bawah yang baik dan benar:

1. Persiapan

Pemain harus bergerak ke arah bola dan genggam jari tangan. Kedua tungkai meregang santai, bahu dibuka lebar. Kemudian, tekuk lutut, tahan tubuh dalam posisi rendah. Bentuk landasan dengan lengan. Ibu jari sejajar, siku terkunci. Lengan sejajar dengan paha, punggung lurus. Pandangan ke arah bola.

2. Pelaksanaan

Terima bola di depan badan. Kaki sedikit diulurkan, lengan jangan diayunkan. Alihkan berat badan ke depan. Pinggul bergerak ke depan. Perhatikan saat bola menyentuh lengan.

3. Gerakan lanjutan

Jari tangan tetap digenggam, siku tetap terkunci. Landasan mengikuti bola ke sasaran. Pindahkan berat badan ke arah sasaran. Perhatikan bola ketika menyentuh tangan

Jenis passing bawah dalam permainan bola voli:

1. Passing bawah dua tangan

Passing bawah dua tangan merupakan passing dari bawah yang dilakukan apabila bola datang di bawah ketinggian dada.

2. Passing bawah satu tangan

Passing bawah jenis ini merupakan passing yang dilakukan dengan rolling ke samping baik roll ke kiri maupun kanan dan bola agak jauh.

3. Passing bawah bergulir ke samping satu tangan

Passing bawah ini dilakukan saat bola jauh di samping badan dan tangan menjangkaunya dengan bergulir ke samping.

4. Passing bawah meluncur ke depan

Passing bawah meluncur ke depan dilakukan apabila bola berada jauh sekali dengan posisi badan dengan cara melompat ke depan dan diakhiri dengan meluncur.

Kesalahan yang sering terjadi saat melakukan passing bawah:

1. Ketika menerima bola, lengan terlalu tinggi.

2. Tubuh terlalu rendah, sebab, pinggang ditekuk sehingga operan terlalu rendah dan kencang. Seharusnya yang ditekuk ialah lutut.

3. Lengan terpisah sesaat, sebelum, atau sesudah menerima bola.

4. Bola mendarat di lengan daerah siku.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network