Jelaskan Pengertian Kiper dan Tugas Utamanya di Lapangan Sepakbola

"Kiper adalah komandan yang disegani di area pertahanan."

Analisis | 14 September 2022, 15:03
Jelaskan Pengertian Kiper dan Tugas Utamanya di Lapangan Sepakbola

Libero.id - Sepakbola adalah permainan tim dengan 11 orang di dalamnya. Setiap tim terdiri dari beberapa posisi pemain yang saling menunjang. Salah satu posisi yang paling spesial dalam permainan sepakbola adalah penjaga gawang alias kiper.

Disebut spesial dan istimewa karena dalam permainan sepakbola, kiper merupakan satu-satunya pemain pada sebuah tim yang boleh menggunakan tangannya untuk mengamankan bola. Kiper hanya boleh menggunakan tangan untuk menjaga gawang di area penaltinya sendiri.

Pasalnya, tugas utama kiper adalah menjaga bola agar tidak masuk ke gawang timnya. Tugas penjaga gawang tidak mudah, meski terlihat santai.

Pasalnya, kiper merupakan pemain terakhir yang berada di garis pertahanan sepakbola untuk mencegah tim lawan mencetak gol. Dia bisa melakukan tugasnya dengan meninju, menepis, atau menangkap bola. Kiper juga bertanggung jawab memberi koordinasi di garis pertahanan.

Tugas kiper dalam pertandingan sepakbola:

1. Menjaga gawang

Tentu, tugas utama kiper adalah menjaga gawang. Dalam sususan formasi permainan sepakbola sebuah tim, seorang kiper adalah pemain yang berada di garis pertahanan terakhir untuk menjaga gawangnya agar tidak kebobolan.

Untuk melindungi gawang, kiper harus mengetahui dan menguasai terlebih dulu teknik-teknik dasar.

a). Kiper harus memiliki kemampuan penglihatan tajam karena dapat membantu kiper dalam menjaga gawang, terutama dalam membaca pergerakan dari lawan tim, ataupun arah bola yang datang, dan mengetahui jalan pertandingan.

b). Teknik dasar kiper yang kedua, yakni memiliki mental yang berani karena dalam setiap pertandingan seorang kiper mempunyai tantang yang cukup besar seperti cedera.

c). Kiper harus mampu mengambil keputusan dengan cepat dan tepat dalam situasi tertentu, terutama saat mendapat serangan tak terduga dari lawan tim.

d). Kiper harus tahu posisi yang tepat untuk upaya menjaga gawang dari serangan lawan tim.

e). Kiper tentunya harus memiliki gerakan reflek yang bagus saat terjadinya serangan tak terduga dari lawan.

2. Memimpin lini pertahanan

Tugas kedua kiper dalam permainan sepakbola adalah memimpin pertahanan. Kiper akan berkomunikasi dengan pemain bertahan dan gelandang untuk menempatkan posisi mereka yang benar. Itu termasuk tendangan bebas, tendangan gawang, dan tendangan sudut.

Agar menjadi kiper yang bagus, koordinasi dan komunikasi yang baik menjadi kunci utama. Kiper yang baik adalah yang banyak bicara dengan sekeras-kerasnya.

3. Mendistribusikan bola

Kiper memiliki tugas mendistribusikan bola. Operan yang diberikan kiper bisa menjadi kunci dalam membangun serangan ke arah pertahanan lawan. Jangkauan pandangan yang lebih luas dibandingkan pemain lain membuat kiper dapat leluasa melihat pergerakan lawan dan rekannya. Jadi, kiper harus mempunyai kecermatan dalam mendistribusikan bola.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network