Tampil di Atas Menit 60 Lagi, Berikut Komentar Griezmann

"Dilema, tapi senang. Jadi bingung!"

Analisis | 14 September 2022, 04:25
Tampil di Atas Menit 60 Lagi, Berikut Komentar Griezmann

Libero.id - Antoine Griezmann baru saja masuk untuk penampilan ke-300 bersama Atletico Madrid. Penyerang asal Prancis itu mewujudkannya saat tampil membela Los Colchoneros menghadapi tuan rumah Bayer Leverkusen, Rabu (14/9/2022) dini hari WIB.

Griezmann masuk sebagai pemain pengganti pada menit ke-63. Hasilnya, setelah Griezmann masuk, Atletico justru kebobolan dua gol lewat Robert Andrich pada menit ke-84, dan Moussa Diaby tiga menit kemudian.

Atletico sepertinya tampak membatasi menit bermain Griezmann musim ini. Muncul dugaan kuat bahwa langkah ini diambil agar Los Colchoneros tak perlu mempermanenkan status Griezmann.

Griezmann dipinjam Atletico dari Barcelona sejak musim lalu dan berlanjut musim ini. Namun, berbeda dengan musim lalu, waktu bermainnya di musim ini tampak seperti dibatasi.

Dari tiga laga Liga Spanyol yang sudah dimainkan Atletico, Griezmann selalu menjadi cadangan. Dia kemudian diturunkan di babak kedua, dengan durasi bermain tak sampai 30 menit jika mengacu waktu normal 90 menit. Situasi ini menimbulkan keheranan.

Ternyata, ada klausul dalam kontrak Griezmann yang menyatakan Atletico wajib membeli sang pemain seharga 40 juta euro jika tampil lebih dari 45 menit di 14 laga musim ini. Sejauh ini, Atletico seperti enggan menebusnya.

"Kalian sudah mengenal saya selama 10 tahun (sebagai pelatih Atletico). Saya adalah orang yang mengutamakan klub dan akan selalu begitu," ujar Diego Simeone.

Griezmann menuturkan berada di situasi yang cukup aneh musim ini. Dia tidak banyak mendapatkan menit bermain, tapi terbukti masih bisa membantu Atletico. Kasus Griezmann ini mulai terbaca setelah beberapa pertandingan berjalan musim 2022/2023.

Klausul dalam kontrak pinjaman Griezmann sebenarnya adalah cara Barcelona untuk memastikan bahwa mereka bisa menjual si pemain secara langusng di akhir musim ini.

Sebagai contoh, dalam 90 menit pertandingan, klausul tersebut baru terhitung jika Griezmann bermain selama 45 menit. Jumlah menit bermain tersebut kemudian terakumulasi dari setiap penampilan Griezmann hingga akhir musim nanti.

Nah, untuk menyiasatinya, sejauh ini Diego Simeone belum memainkan Griezmann secara penuh. Pemain Prancis itu selalu masuk di menit ke-60, memaksimalkan 30 menit akhir di lapangan, jadi klausulnya tidak terhitung aktif.

Situasi unik tersebut tentu menyulitkan bagi Griezmann secara pribadi. Menit bermainnya berkurang, perkembangannya jadi terhambat. Namun, Griezmann pribadi mengaku cukup puas.

"Begitulah adanya, keputusan tersebut di luar pengaruh saya. Saya bersyukur bisa bermain di sini. Keluarga saya bahagia," ujar Griezmann.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network