Bikin Adem, Momen Aremania Terima Bobotoh di Stadion

"Semoga masalah yang telah lalu telah benar-benar dilupakan..."

Analisis | 12 September 2022, 11:26
Bikin Adem, Momen Aremania Terima Bobotoh di Stadion

Libero.id - Ratusan suporter Persib Bandung, Viking dan Bobotoh, menjadi saksi kemenangan timnya atas Arema FC.

Dalam laga pekan kesembilan BRI Liga 1 2022/2023 di Stadion Kanjuruhan, Minggu (11/9/2022), Persib Bandung menang 2-1 atas Arema FC. 

Dua kelompok suporter Persib itu bisa menyaksikan secara langsung tim kebanggaannya meraih poin penuh di markas Arema FC.

Namun hal yang lebih menarik dalam laga tersebut adalah bagaimana Viking dan Bobotoh bisa menonton dengan nyaman. 

Mereka bisa menyaksikan aksi timnya dengan damai dan kondusif bersama ribuan Aremania. Suporter Arema FC tampak menyambut baik kedatangan suporter Persib di kandang singa. 

Sebagai bentuk perdamaian, beberapa perwakilan Viking dan Bobotoh turun mengelilingi lapangan. Mereka membawa banner 'Kulo Nuwun Aremania Biru Barat Biru Timur Bersatu di Dalam Birunya Cinta', dipimpin ketua suporter Viking, Heru Joko.

Terlihat beberapa Aremania menyalami perwakilan Viking dan Bobotoh tersebut. Heru Joko mengaku senang dengan momen satu tribune Viking dan Aremania tersebut. 

Menurutnya kesempatan itu bersejarah bagi Viking dan Bobotoh.

"Saya ke sini karena diundang Aremania dan kepolisian Kabupaten Malang. Terima kssih kepada Aremania dan kepolisian," ujarnya kepada awak media.

Menurutnya, momen satu tribune antara Viking dan Bobotoh bersama Aremania itu akan menjadi sejarah antara kedua supporter. Sebab, dalam 10 tahun terakhir mereka tidak bisa datang ke Malang mendampingi Persib Bandung setiap tandang ke Malang. 

"Seharusnya, setiap tim sepak bola bertanding, suporter sebaiknya ada di depannya. Tapi karena beberapa hal kami tidak bisa ikut datang ke Malang," ujarnya. 

Heru menyebut, kalah dan menang dalam pertandingan adalah hal yang biasa. 

"Esensinya adalah bersatunya dua forum suporter Viking dan Aremania dalam satu tribune. Ini akan menjadi sejarah," ujarnya. 

Heru pun berjanji akan melakukan hal serupa ketika Arema FC tandang ke markas Persib. Mereka siap menerima Aremania di Bandung dan Heru akan meyakinkan pihak keamanan.

"Saya harap warga Bandung dan pihak keamanan di sana bisa melihat momen malam ini," ujarnya. 

Kepala Kepolisian Resor (Kapolres Malang), AKBP Ferli Hidayat, mengatakan momen kedamaian antara Aremania dan Viking adalah kerja sama dan kolaborasi yang baik antara Viking dan Aremania. 

"Dari pihak keamanan mengucapkan terimakasih banyak untuk Aremania dan Aremanita yang telah melebur dengan Viking," ujarnya. 

Menurut Ferli, sebelum pertandingan ini, Aremania dan Viking sudah berkoordinasi intens, hingga akhirnya bisa terealisasi Viking bisa hadir di Stadion Kanjuruhan. 

"Memang tidak mudah, tapi karena ada niatan baik dari kedua belah pihak maka bisa berjalan dengan baik," ungkapnya. 

"Kami sebagai kepolisian salut dengan Aremania yang mau berlapang dada menerima kedatangan Viking dan Bobotoh."

(muflih miftahul kamal/muf)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network