Jelaskan Pengertian Teknik Dasar dalam Permainan Bola Voli

"Sebelum tampil di pertandingan, ada baiknya tahu teknik dasarnya."

Analisis | 09 September 2022, 05:01
Jelaskan Pengertian Teknik Dasar dalam Permainan Bola Voli

Libero.id - Bola voli termasuk olahraga yang memerlukan keahlian untuk memainkannya. Meski tidak serumit mengendarai kendaraan Formula 1 atau MotoGP, bermain bola voli tetap membutuhkan ilmu dan keterampilan teknik yang baik agar bisa mendapatkan hasil maksimal.

Dalam setiap cabang olahraga, tentu memiliki teknik dasar permainan yang harus dikuasai para pemain. Termasuk juga dalam permainan bola voli.

Bola voli merupakan permainan yang tidak mudah dilakukan. Dalam permainan ini dibutuhkan koordinasi gerak dengan baik. Bola voli juga harus dilakukan secara efektif dan efisien. Dan, yang paling penting adalah para pemain saling mendukung ketika pertandingan digelar.

Layaknya sepakbola dan bola basket, dalam permainan voli sangat dibutuhkan koordinasi gerak. Untuk melakukan semua gerakan yang terdapat dalam permainan bola voli, para pemain diharuskan menguasai semua teknik dasar permainan.

Pengertian Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Teknik dasar merupakan hal yang sangat tidak bisa terpisahkan dalam sebuah permainan bola voli. Seorang pemain yang bisa menguasai teknik dasar permainan bola voli dengan baik, pasti dapat bermain secara efektif dan efisien. Hal itu akan mendukung tim ketika pertandingan.

Menurut Dieter Beutelstahl (2007:8), teknik merupakan prosedur yang sudah dikembangkan berdasarkan praktek yang bertujuan mencari penyelesaian suatu masalah pergerakan tertentu dengan cara yang paling ekonomis dan berguna tentunya paling simpel.

Berkaitan dengan teknik dasar dalam permainan bola voli, Aip Syarifuddin dan Muhadi (1991:187) menjelaskan bahwa, teknik adalah pemahaman untuk melakukan bentuk-bentuk gerakan yang berhubungan dengan permainan bola voli.

Berikut ini 4 teknik dasar dalam permainan bola voli:

1. Servis

Servis merupakan pukulan atau serangan pertama untuk memulai permainan yang dilakukan di belakang garis. Servis disebut berhasil jika bola melambung melewati net hingga memasuki daerah lawan. Terdapat dua jenis servis, yaitu servis atas dan servis bawah.

Servis Atas

Ada 3 jenis gaya dalam melakukan servis atas:

a) Servis atas mengapung

b). Servis atas overhand around house

c). Jumping service

Servis Bawah

Servis bawah adalah teknik cukup mudah dan umum digunakan. Biasanya, dilakukan oleh pemain yang masih pemula.

2. Passing

Passing merupakan upaya yang dilakukan pemain untuk menerima, menahan, dan mengendalikan bola. Passing dalam bola voli adalah gerakan mengumpan bola kepada teman atau mengembalikan bola lawan.

3. Blocking

Blocking adalah suatu upaya yang dilakukan oleh pemain bola voli untuk menghalangi serangan atau smash yang dilancarkan oleh pemain lawan. Block adalah suatu usaha untuk membendung/menahan serangan lawan yang berupa smash agar tidak menghasilkan angka. Dengan daya upaya di dekat jaring untuk mencoba menahan/menghalangi bola yang datang dari daerah lawan.

a). Block Tunggal

Blok tunggal adalah membendung bola yang dilakukan oleh satu orang pemain.

b). Block Ganda

Block ganda adalah membendung bola yang dilakukan oleh dua orang pemain atau lebih. Pemain harus memadukan langkah kaki dan kerjasama antar bloker dalam menentukan arah pergerakan bola dan waktu lompatan.

4. Smash

Smash bola voli adalah pukulan keras saat bola berada di atas jaring yang bertujuan mematahkan serangan dan menghasilkan angka. Teknik dasar bola voli smash perlu memperhatikan awalan, tolakan, pukulan, dan pendaratan. 

Smash adalah pukulan utama dalam penyerangan yang merupakan upaya untuk mencapai kemenangan. Agar berhasil dengan baik dalam melancarkan smash, diperlukan lompatan dan jangkauan yang tinggi oleh pemain.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network