Jelaskan Tujuan Permainan Sepakbola

"Sepakbola adalah olahraga yang sangat populer di dunia."

Analisis | 06 September 2022, 20:03
Jelaskan Tujuan Permainan Sepakbola

Libero.id - Sepakbola telah berkembang menjadi olahraga yang memiliki banyak peminat. Sepakbola dimainkan orang di berbagai penjuru bumi. Pertandingan-pertandingan sepakbola yang diselenggarakan setiap pekan selalu banjir penonton di stadion maupun layar televisi.

Berdasarkan penelitian, pertandingan sepakbola menjadi acara olahraga yang paling banyak ditonton di televisi berdasarkan data yang dihimpun sepanjang 2021. Faktanya, sepakbola disaksikan lebih dari 3,5 miliar orang di televisi sepanjang tahun lalu.

Popularitas sepakbola jauh meninggalkan cabang olahraga lain seperti bola basket, tenis, atau bola voli. Popularitas sepakbola tidak hanya di negara-negara Eropa, melainkan juga Asia, terutama Indonesia. Hal ini bisa dilihat gelaran kompetisi besutan PSSI seperti Liga 1, Liga 2, atau Liga 3. Begitu juga dengan Liga Tarkam di kampung-kampung.

Dalam sejarahnya, banyak orang memainkan sepakbola, baik sebagai hobi atau dalam tahap profesional.

Pengertian Sepakbola

Sepakbola merupakan salah satu jenis permainan bola besar. Sepakbola dimainkan oleh dua regu secara berlawanan. Jumlah pemain utama di sepakbola adalah 11 orang dengan beberapa pemain cadangan yang duduk di bench, dan baru bermain setelah diminta pelatih.

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), sepakbola diartikan sebagai permainan beregu di lapangan, menggunakan bola sepak dari dua kelompok yang berlawanan, yang masing-masing terdiri atas 11 pemain, berlangsung 2x45 menit, dan kemenangan ditentukan oleh selisih gol yang masuk ke gawang lawan.

Lalu, menurut Encyclopedia Britannica, sepakbola adalah permainan yang melibatkan dua tim yang terdiri dari 11 pemain, yang mencoba mengarahkan bola ke gawang tim lawan.

Tapi, jika merujuk buku Modul 1 Tim Kesebelasan Sepakbola (2017) terbitan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI, pengertian sepakbola adalah permainan yang dilakukan dengan jalan menyepak bola untuk diperebutkan diantara pemain-pemain.

Tujuan Permainan Sepakbola

Seperti cabang olahraga lain, sepakbola juga memiliki tujuan permainannya. Secara umum, tujuan permainan ini adalah mencetak gol ke gawang lawan dan mempertahankan gawang sendiri agar tidak kemasukan gol. Dalam sepakbola, gol tercipta ketika bola masuk secara penuh ke dalam gawang.

Sepakbola juga memiliki durasi dan waktu tertentu. Pertandingan sepakbola harus dimainkan selama 90 menit dan dibagi menjadi dua babak. Durasi masing-masing babak adalah 45 menit. Dan, pemenang permainan sepakbola adalah mereka yang berhasil mencetak gol lebih banyak.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network