Jelaskan Pengertian Kebugaran Jasmani dalam Olahraga

"Ini adalah hal yang sangat diinginkan semua orang."

Analisis | 06 September 2022, 20:00
Jelaskan Pengertian Kebugaran Jasmani dalam Olahraga

Libero.id - Aktivitas olahraga berhubungan erat dengan kebugaran jasmani. Setiap orang di bumi selalu ingin memiliki tubuh sehat dan selalu bugar.

Kebugaran jasmani yang dimiliki seseorang dapat menunjang aktivitas keseharian, baik dalam pekerjaan, pendidikan, maupun hal lain di kehidupan. Kebugaran juga menjadi hal yang sangat penting bagi para olahragawan. Mereka harus tetap bugar akan bisa mencapai level tinggi dalam pertandingan.

Pengertian Kebugaran Jasmani

Dalam buku Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan terbitan Yudhistira, pengertian kebugaran jasmani adalah kesanggupan dan kemampuan tubuh untuk melakukan penyesuaian (adaptasi) terhadap pembebasan fisik yang diberikan kepadanya (dari kerja yang dilakukan sehari-hari) tanpa menimbulkan kelelahan berlebih yang berarti.

Tujuan kebugaran jasmani adalah mempertahankan, mengembangkan, dan meningkatkan kesegaran, serta kesehatan seseorang. Jadi, tubuh bisa melakukan aktivitas secara mandiri seperti mengangkat beban hingga berjalan jauh.

Unsur Kebugaran Jasmani

Unsur kebugaran jasmani adalah kekuatan, daya tahan otot, jantung, paru-paru, kelincahan, dan daya ledak (power) kelentukan. Hal itu bisa dilatih dengan melakukan circuit training, interval training, kalestenik, jogging, dan aerobik.

Manfaat Kebugaran Jasmani

1. Mempertahankan dan meningkatkan taraf kesegaran jasmani yang baik

2. Mengadakan koreksi terhadap kesalahan sikap dan gerak

3. Membentuk sikap dan gerak

4. Membentuk kondisi fisik (kekuatan otot, kelincahan, ketahanan, keluwesan, dan kecepatan)

5. Membentuk berbagai sikap kejiwaan (membentuk keberanian, kepercayaan, dan kesiapan diri, serta kesanggupan bekerjasama)

6. Memberikan rangasangan bagi pertumbuhan tubuh, khususnya bagi anak-anak

7. Memupuk rasa tanggung jawab terhadap kesehatan diri sendiri dan masyarakat.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network