Jelaskan Pengertian Permainan Bola Bakar dan Cara Melakukannya

"Ini adalah salah satu permainan yang diajarkan di sekolah."

Analisis | 06 September 2022, 19:56
Jelaskan Pengertian Permainan Bola Bakar dan Cara Melakukannya

Libero.id - Dalam olahraga, terdapat banyak permainan menggunakan bola yang dilakukan dan diajarkan di sekolah-sekolah. Salah satunya bola bakar atau slagbal.

Permainan olahraga yang menggunakan bola sebagai objek utama terbagi menjadi dua jenis berdasarkan ukurannya, yaitu permainan bola besar (sepakbola, bola basket, bola voli, bola tangan) dan permainan bola kecil (kasti, tenis meja, tenis lapangan, baseball, sofball, rounder).

Salah satu yang termasuk dalam olahraga permainan bola kecil adalah permainan bola bakar. Ini adalah nama olahraga yang cukup asing di telinga orang awam. Tapi, di sekolah-sekolah, bola bakar diajarkan kepada para siswa.

Pengertian Permainan Bola Bakar

Permainan bola bakar adalah suatu olahraga yang termasuk dalam permainan bola kecil. Dalam praktiknya, permainan bola bakar membutuhkan sarana seperti tongkat pemukul dan bola kecil.

Peraturan Permainan Bola Bakar

Permainan bola bakar terdiri dari dua babak. Masing-masing babak memiliki durasi 20-30 menit. Antara babak pertama dan kedua terdapat waktu untuk istirahat 10 menit. Permainan bola bakar dimainkan oleh dua regu, yaitu regu penjaga dan regu pemukul. Terdapat 12 orang pemain pada masing-masing regu.

Peraturan regu penjaga:

1. Penjaga dilarang menghalangi larinya pemukul.

2. Regu penjaga menyebar di lapangan dengan tujuan untuk menangkap bola yang dipukul oleh regu pemukul. Jika sudah menangkap bola, segera lemparkan bola tersebut ke teman yang memiliki tugas sebagai pembakar.

3. Pada kaleng pembakaran, ada dua orang pemain yang bertugas. Satu pemain sebagai pembakar, sementara satunya lagi bertugas untuk membantu.

Peraturan regu pemukul:

1. Pemukul mendapat kesempatan memukul sebanyak tiga kali.

2. Pemukul melakukan pukulan sesuai dengan urutan yang ditentukan di ruang pemukul. Pemain pertama bertugas sebagai pemukul, pemain kedua sebagai pelambung. Pemain selanjutnya menunggu di ruang bebas.

3. Pukulan dilakukan setelah wasit memberi tanda bahwa permainan dimulai.

4. Setelah memukul bola, pemukul harus lari ke tiang honk 1 atau ke honk selanjutnya selama pukulan yang dihasilkan adalah sah dan belum dibakar.

5. Setiap honk bisa ditempati lebih dari 1 orang selama tetap menyentuh honk.

Cara Melakukan Permainan Bola Bakar

Dalam melakukan permainan bola bakar, tentu ada beberapa teknik yang harus dikuasai para pemain maupun tim.  Memukul bola merupakan salah satu teknik dasar dalam permainan bola bakar yang harus dikuasai agar pukulan yang dihasilkan mengenai sasaran. Pemukul memposisikan tangan kiri ke depan serta tangan kanan memegang tongkat. Kemudian, bola diarahkan ke depan atau samping. 

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network