Kisah Dahrius Waldron, dari Rekan Steven Gerrard Jadi Penghuni Penjara

"Berikut pengalamannya di balik jeruji."

Biografi | 05 September 2022, 16:28
Kisah Dahrius Waldron, dari Rekan Steven Gerrard Jadi Penghuni Penjara

Libero.id - Pada Maret 2015, Dahrius Waldron, seorang bek muda potensial, menjadi pemain pengganti dalam pertandingan tertutup di tempat latihan klub di Melwood.

Tim muda The Reds bermain melawan Shrewsbury Town dalam pertandingan yang diatur untuk memberikan latihan pertandingan kepada kapten Steven Gerrard saat dia hampir pulih dari cedera.

"Saya masuk dan mengoper bola ke Gerrard," kata Waldron kepada BBC Sport. "Dia mengembalikannya dan saya memindahkannya ke depan. Itu adalah salah satu momen yang membuat Anda berpikir: 'Saya tidak akan pernah melupakan ini.'"

Tiga tahun kemudian, Waldron menjalani hukuman penjara 10 bulan setelah pertengkaran di luar klub malam Manchester. Peristiwa itu membuat harapannya membuat sesuatu yang indah di Liverpool menjadi hanya kenangan.

Pada saat masuk penjara, usianya baru 20 tahun. Lantas, bagaimana dia membangun kembali hidupnya setelah itu?

Sekarang Waldron bermain di divisi ketujuh liga Inggris bersama Stalybridge Celtic. Sungguh penurunan karier yang sangat drastis.

Dibesarkan di daerah Moss Side dan Hulme di Manchester, Waldron tidak tumbuh dengan impian menjadi pesepakbola.

Dia baru mulai bermain di tim pada usia 10 tahun. Pada usia 12 tahun, dia ditemukan oleh Liverpool saat berada di Fletcher Moss Rangers - klub junior yang mantan pemainnya termasuk pemain depan Manchester United dan Inggris, Marcus Rashford.

Waldron akan menghabiskan empat tahun berikutnya dalam perjalanan pulang pergi sejauh 30 mil sepulang sekolah ke akademi Liverpool di Kirkby untuk berlatih dengan para pemain termasuk Ryan Kent, yang sejak itu menjadi teman dekat dan bermain untuk Rangers, dan Harry Wilson, sekarang di Fulham.

"Rasanya luar biasa bahwa saya bisa mengatakan, 'Saya Dahrius dan saya bermain untuk Liverpool'," katanya.

"Dari berlatih dengan orang-orang seperti Philippe Coutinho hingga berakhir di penjara tidak lama kemudian, perbedaannya sangat besar," katanya lagi.

Keputusan sulit harus diambil dan Waldron adalah salah satu yang dilepas pada akhir musim 2014/2015. Sebuah beasiswa gagal di Amerika Serikat diikuti, dan tak lama kemudian dia terjaring masuk klub divisi kesembilan dan 10 sepak bola Inggris.

Waldron berjuang untuk menemukan tujuan dan berpindah dari satu klub non-liga ke klub lain - bermain untuk Maine Road, Northwich Victoria, 1874 Northwich dan Stockport Town antara lain dalam waktu singkat.

Kemudian, suatu malam pada September 2017, hidupnya berubah di luar sebuah klub di Manchester.
Waldron tidak pernah bermasalah dengan polisi sebelumnya. Tumbuh dewasa, dia tidak memiliki figur ayah. Tetapi, ibunya, Karen, dan tiga kakak perempuan mengajarinya perbedaan antara benar dan salah.

"Ibuku sangat ketat dalam sopan santun," katanya. "Dia sangat kuat dalam hal itu. Saya pernah memenangkan penghargaan di sekolah untuk murid dengan sopan santun terbaik. Itu karena ibu saya."

Tapi, lima tahun lalu dia terlibat dalam keributan di luar klub malam saat merayakan ulang tahun seorang teman.

Waldron dinyatakan bersalah atas gangguan kekerasan dan menjalani total 10 bulan penjara - pertama di HMP Forest Bank Salford, sebelum menyelesaikan sisa hukuman di HMP Risley, dekat Warrington.

"Saya telah pergi dari bermain untuk salah satu klub terbesar di dunia ke penjara," kenangnya. "Di Risley, saya diberi sel yang berbau urin dan dindingnya ternoda oleh kotoran manusia."

Dan, kini pelan-pelan dia memulai kembali kariernya dari bawah. Masih belum terlambat.

(mochamad rahmatul haq/yul)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network