Profil Theerathon Bunmathan, Pemain Asia Tenggara Pertama Juara Liga Jepang

"Jarang ada pemain Asia Tenggara yang menembus tim inti di klub Jepang."

Biografi | 07 February 2020, 22:11
Profil Theerathon Bunmathan, Pemain Asia Tenggara Pertama Juara Liga Jepang

Libero.id - Threerathon Bunmathan atau yang dikenal dengan panggilan Theerathon adalah pesepakbola asal Thailand yang baru-baru ini menjuarai kompetisi J1-league bersama Yokohama F Marinos. Ia mencatatkan sejarah sebagai pemain Asia Tenggara pertama yang meraih gelar J1-league.

Pria kelahiran 6 Februari 1990 ini memulai karir sepakbolnya di Assumption college Thonburi yang kemudian pada tahun 2008 Theerathon mendapatkan kontrak pertamanya bersama Rajpracha.

Pada tahun 2009 hingga 2016, ia membela Buriram United dengan penampilan sebanyak 218 pertandingan di semua kompetisi dan mencetak 15 gol bersama the thunder castles.

Pemain yang pernah mendapatkan perhargaan pemain terbaik Thai Premier League musim 2013/2014 ini kemudian melanjutkan karir sepakbolanya bersama Muangthong United dengan kontrak selama 5 tahun  dan memecahkan transfer pemain termahal di Thailand dengan memakan biaya sekitar 35 juta Baht.

Di Muangthong United ia tampil sebanyak 42 pertandingan di semua ajang dan mencetak 5 gol. Sepanjang karirnya di Thailand, Theerathon sudah meraih gelar TPL/Thai Premier League sebanyak 5 kali, 4 diantaranya bersama Buriram United dan sisanya bersama Muangthong United.

Pemain yang menjadi kapten timnas Thailand saat menjuarai AFF 2016 ini memulai karirnya di Jepang ketika J1-league mengadakan kerjasama dengan Thai Premier League terkait dengan pembinaan sepakbola.

Tepat pertengahan Februari tahun 2012 yang lalu CEO TPL an J1-league mengadakan konferensi yang membahas kerja sama tersebut. Konferensi yang diadakan di Bangkok tersebut menghasilkan sebuah program yang dinamakan  "ASIAN ELEVEN".

Pada 2018 lalu, ada cukup banyak pemain-pemain Thailand yang berkiprah di J1-league sebut saja Teerasil Dangda, Sarach Yooyen, Chanatip Songkrasin hingga Teerathon Bunmantha. Pemain-pemain tersebut dipinjamkan oleh klubnya ke klub J1-league dengan opsi permanen.

Di antara pemain Thailand yang berkiprah di Jepang,Teerathon Bunmatahn bisa dikatakan yang paling berhasil. Mengawal karirnya di Jepang dengan bergabung bersama Vissel Kobe, ia mendapatkan kesempatan bermain bersama Lukas Podolski dan Andres Iniesta.

Ia termasuk pemain Thailand (selain Teerasil Dangda) yang sering dimasukan sebagai stater utama dalam timnya dengan 28 pertandingan. Berkat penampilannya yang cukup baik di Vissel Kobe, klausul peminjaman datang lagi dari klub J1-league lainya, yakni Yokohama F. Marinos yang berniat untuk meminjam jasanya dari Muanghtong United.

Sepanjang musim 2018/2019 yang lalu, Theerathon tampil cukup impresif dengan memberikan 6 assist dan 3 gol dari 25 pertandingan yang sudah dijalani. Bahkan ia sempat menjadi pemain terbaik J1-league pada bulan Juli 2019 yang lalu. Apalagi di akhir musim, Yokohama F Marinos keluar sebagi juara J1-league untuk yang ketiga kalinya setelah mengadaskan perlawanan Tokyo FC dengan skor 3-0 dan pada pertandingan tersebut Theerathon mencetak satu gol.

Pada Desember 2019 yang lalu, Theerathon resmi di permanenkan oleh Yokohama F Marinos dengan kontrak 1 tahun. Dengan adanya Bunmathan di dalam skuat Angelos Postecoglou tentu bisa memberikan hal positif, apalagi musim ini, Tricolore (julukan Yokohama F Marinos) akan bermain di AFC Champions League. Menarik untuk melihat lebih jauh kiprah Theerathon di Asia.

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Biografi

Artikel Pilihan




Daun Media Network