Pengertian dan Aturan Time out dalam Permainan Bola Voli

"Ini adalah salah satu aturan yang cukup penting dalam pertandingan."

Analisis | 05 September 2022, 13:19
Pengertian dan Aturan Time out dalam Permainan Bola Voli

Libero.id - Time out merupakan salah satu istilah yang kerap ditemui pada banyak pertandingan olahraga, termasuk bola voli. Time out terkadang bisa mendatangkan keuntungan bagi sebuah tim. Tapi, tidak jarang justru merugikan.

Dalam sebuah pertandingan olahraga, time out biasanya digunakan oleh satu tim untuk membahas taktik atau strategi yang akan dilakukan. Umumnya, sebuah tim yang sedang tertinggal akan meminta time out. Tapi, beberapa tim yang sedang memimpin juga tak jarang menggunakan time out untuk mencegah lawan menyusul.

Secara umum pengertian time out adalah waktu istirahat yang diminta oleh satu tim ketika pertandingan sedang berjalan. Ketika satu tim meminta time out, mereka memanfaatkannya untuk beristirahat sejenak atau mengatur kembali permainan.

Time out juga kerap digunakan untuk menghambat bertambahnya perolehan poin lawan dengan menghentikan momentum yang sedang mereka dapatkan. Karena itu, sebuah tim harus jeli memanfaatkan kesempatan melakukan time out karena bisa menentukan hasil pertandingan.

Aturan Time out dalam Permainan Bola Voli

Dalam permainan bola voli, jenis dan durasi time out telah dibuat oleh Federasi Bola Voli Internasional (FIVB). Organisasi ini membagi waktu istirahat saat permainan sedang berjalan menjadi time out dan technical time out.

Pada dasarnya, time out dan technical time out memiliki makna yang sama, yaitu waktu istirahat yang diminta oleh satu tim ketika permainan berjalan. Perbedaan time out dan technical time out terletak pada durasi dan waktu (set) pengambilannya.

1. Setiap tim diperkenankan meminta maksimal dua kali time out dan enam pergantian pemain untuk setiap satu set.

2. Permintaan time out dilakukan dengan cara memberikan tanda (sinyal) ketika bola keluar dari lapangan permainan atau sebelum peluit servis berbunyi.

3. Waktu time out hanya diberikan selama 30 detik.

4. Untuk kompetisi resmi tingkat dunia atau yang berada di bawah naungan FIVB, terdapat dua tambahan 60 detik "technical time out" pada set 1-4, yang diterapkan otomatis ketika tim yang sedang unggul mencapai poin ke-8 dan 16.

5. Pada set penentuan (set ke-5), tidak ada "technical time out". Hanya ada dua kali time out masing-masing 30 detik yang dapat diminta setiap tim.

6. Selama waktu time out (termasuk technical time out), semua pemain harus berada di zona bebas di dekat bangku cadangan tim.

(atmaja wijaya/anda)

Baca Berita yang lain di Google News




  • 0%Suka
  • 0%Lucu
  • 0%Sedih
  • 0%Kaget

Opini

(500 Karakter Tersisa)

Artikel Pilihan


Daun Media Network